ODP Katingan Sisa 5 Orang, Tapi OTG Terus Bertambah

LAPORAN GUGUS TUGAS : IST/BERITASAMPIT - Data laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Bupati Sakariyas, pada Rabu 29 April 2020.

KASONGAN – Berdasarkan laporan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Bupati Katingan Sakariyas, pada Rabu 29 April 2020.

Masyarakat terpapar wabah virus corona atau covid-19 di Kabupaten Katingan ada sebanyak 43 orang terdiri 5 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Dari total jumlah ini terjadi penambahan 1 orang dari Kecamatan Marikit dan Pengurangan jumlah ODP sebanyak 1 orang dari Kecamatan Katingan Hilir.

Kemudian, 21 Orang Tanpa Gejala (OTG). dari total jumlah ini, ada penambahan jumlah sebanyak 3 orang, yakni 2 orang dari Kecamatan Mendawai dan 1 orang dari Kecamatan Katingan Tengah. Lalu, ada pengurangan jumlah 1 orang dari Kecamatan Mendawai.

Perlu diketahui, bahwa yang dinamakan OTG ini adalah orang yang tidak ada gejala dan memiliki resiko tertular orang yang terkonfirmasi penyakit wabah virus corona atau covid-19.

Sementara, untuk jumlah 13 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 4 Masyarakat terinfeksi virus corona atau covid-19, dilaporkan tidak ada terjadi penambahan dan pengurangan. Bahkan untuk laporan pasien sembuh dan meninggal tidak ada.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Bupati Katingan Sakariyas, menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan pihaknya, yaitu salah satunya di Kecamatan Katingan Tengah bersama Kepala Kantor Cabang Bank Kalteng menyerahkan bantuan untuk Puskesmas Tumbang Samba, Posko Relawan Desa Samba Bakumpai, Desa Samba Katung, Desa Tumbang Lahang dan Desa Telok.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Sosialisasikan Pengelolaan Barang Milik Daerah Pada OPD

Kemudian, Posko Lapangan Kasongan–Palangka Raya di Hampangen dan Posko Lapangan Kasongan–Sampit di KM. 31 masing-masing menerima bantuan dari KONI Kabupaten Katingan 1 paket yang berisi makanan dan minuman serta masker kain 1 pack, kaos tangan 4 pack dan hand sanitazer 2 botol.

Sementara, di Kecamatan Katingan Kuala menerima bantuan masker dari BPBD Kabupaten Katingan sebanyak 10 kotak (50 lembar/per kotak) dan akan dibagikan kepada masyarakat, dan Kecamatan Katingan Kuala bersama Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Katingan melakukan pemasangan baleho Stop Penyebaran Covid-19.

Pihak BRI Kasongan didampingi pihak Dinas Sosial Kabupaten Katingan membagikan KKS untuk warga miskin se-Kecamatan Kamipang.

Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Sanaman Mantikei bersama TP-PKK memantau kegiatan Posko Relawan di Desa Daya Manunggal, Desa Tumbang Taranei, Desa Tumbang Mangara dan Desa Tumbang Kawei sekaligus menyerahkan termometer infrared dan masker.

BACA JUGA:   Sakariyas Pastikan Siap Kembali Bertarung di Pilkada Katingan

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh bagi pengendara dan penyemprotan desinfektan kendaraan yang menuju Kabupaten Katingan di Posko Lapangan Kasongan–Palangka Raya di Hampangen dan Posko Lapangan Kasongan–Sampit di KM. 31.

Dinas Sosial Kabupaten Katingan bekerja sama dengan BRI unit Kasongan dan disaksikan oleh pihak Polsek Tasik Payawan menyerahkan KKS bantuan program sembako dari Kementerian Sosial kepada 54 kepala keluarga di Kecamatan Tasik Payawan dan akan diterima bulan April s/d Desember 2020.

Kecamatan Katingan Kuala bersama TP-PKK membagikan masker bantuan dari BPBD Kabupaten Katingan kepada masyarakat yang berkunjung di Pasar Pegatan.

Posko Penanggulangan Covid-19 di Dermaga Tumbang Sanamang melakukan cek suhu tubuh dan cek kesehatan penumpang yang ke hulu maupun yang ke hilir.

Satuan Polisi Pamong Praja melakukan pembagian masker dari Dinas Kesehatan sebanyak 500 lembar kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Katingan Hilir sampai perbatasan Kabupaten Katingan dengan Kabupaten Kotawaringin Timur.

(Annas/beritasampit.co.id)