Tetap Semangat Beribadah Meski Ditengah Pandemi Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah, Masrawan.

PALANGKA RAYA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Tengah (Kalteng), Masrawan mengajak masyarakat tetap semangat menyambut bulan suci ramadan, kendati ditengah suasana pandemi wabah virus corona (Covid-19).

“Kita harus tetap semangat mengisi bulan suci Ramadan dengan amaliyah-amaliyah terbaik. Namun kita juga harus disiplin dan mematuhi anjuran penerintah untuk menjaga jarak atau social dan physical distancing agar kita semua aman,” tutur Masrawan.

Pada Ramadan tahun 2020 ini umat muslim diuji dengan datangnya wabah virus corona. Karena itu, orang nomor satu di Kemenag Kalteng ini mengajak seluruh masyarakat muslim Kalteng tetap bersabar dan terus berikhtiar serta berdoa agar wabah ini segera berakhir.

BACA JUGA:   Pemkot Palangka Raya Anggarkan Rp26,8 Miliar Tangani Stunting

“Mari kita terus jaga kesehatan, jaga kebersihan dan jaga jarak serta jauhi kerumunan. Ini untuk menghindari penularan Covid-19. Karena itu, Bapak Menteri Agama melalui surat edaran Nomor 6 tahun 2020 sudah mengeluarkan panduan ibadah ramadan dan Idul Fitri ditengah pandemi wabah corona ini,” ucapnya.

Sesuai panduan itu, umat muslim diminta untuk melaksanakan ibadah ramadan seperti salat tarawih, tadarus di rumah saja tidak perlu ke masjid. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan.

BACA JUGA:   Pengurus HMI Korkom UPR dan Komisariat FKIP, FEB, Hukum dan Teknik Periode 2023-2024 Resmi Dilantik

“Anjuran itu sesuai hadist Rasulullah SAW ketika terjadi wabah di suatu negeri, maka kita tidak boleh mencari atau menjemput bahaya dan juga tidak boleh menularkan bahaya itu kepada orang lain,” katanya.

Selain itu, Masrawan juga menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa ramadan 1441 H/2020 M kepada seluruh masyarakat di Provinsi Kalteng, ‘Bumi Tambun Bungai’. (Hardi/beritasampit.co.id).