BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca di Kalteng 

JMY/BERITA SAMPIT - Keadaan cuaca dari sungai Mentaya Sampit Kotawaringin Timur.

SAMPIT – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandar Udara H Asan Sampit mengeluarkan peringatan dini cuaca pada sebagian wilayah di Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis 30 April 2020.

“Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur, Barito Selatan, Pulang Pisau, Kapuas, dan Kota Palangka Raya,” kata Ferry Oktarisa, prakirawan BMKG Kotim.

BACA JUGA:   Empat Pasang Petarung di Pilkada Kotim, Bahkan Petahana Diprediksi Terpecah

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa untuk cuaca di Kotim sendiri diperkirakan hingga tanggal 3 Mei mendaang rata-rata terjadi hujan ringan hingga lebat pada malam hingga dini hari untuk pagi hingga siang cenderung berawan.

“Untuk gelombang berkisar antar 1.0 – 2.5 m. Diharapkan kepada masyarakat khususnya nelayan agar tetap waspada dengan kondisi tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA:   ODOJ Kalteng Berbagi Kebahagiaan untuk 210 Guru Ngaji di Kotim

Sementara itu, pada peringatan dini cuaca itu juga menyampaikan sebagian besar wilayah Indonesia mengalami periode peralihan musim hujan ke musim kemarau (Pancaroba). Dari hal itu, pihaknya meminta agar waspada terhadap bencana alam akibat cuaca yang diprediksi tersebut. (jmy/beritasampit.co.id).