Sebar Hoaks Terkait Covid-19, Satu Warga Desa Lemo Meminta Maaf

SHP/BERITA SAMPIT - Agus saat di Mapolres Barito Utara, sedang menandatangani surat pernyataan

MUARA TEWEH – Polres Barito Utara kembali mengamankan seorang warga yang diketahui menyebarkan informasi hoaks di salah satu akun media sosial.

Lantaran informasi yang disebarkan akun oleh bersangkutan, melalui facebook dengan akun atas nama @Agus Lemo menebar keresahan warga.

800

Dalam pesan yang disebarkan oleh bersangkutan, berbunyi bahwa “warga Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya, Desa Mangkuhui positif Covid-19 Kabur” dan bahkan dengan melampirkan foto orang dimaksud bernama SK.

Kata Kapolres Barito Utara, AKBP Dodo Hendro Kusuma SIK, melalui Bagian Humasnya, informasi itu tidak benar alias Hoaks.

BACA JUGA:   4 Budak Sabu-sabu Berhasil Dibekuk Satnarkoba Polres Kobar Dalam Sehari

“Ya kita tadi panggil yang bersangkutan, atas nama Agus ke Mapolres untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya dengan administrasi,” kata Paur Subag Humas Bripka Riyanto, Rabu 27 Mei 2020, di ruang Humas Polres Barut.

Dijelaskannya, bahwa informasi itu tidak benar dan Hoaks karena diperkuat oleh keterangan dari Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor, yang menyebutkan bahwa informasi tersebut tidak benar.

Pada keterangan Wabup Mura, bahwa Pak SK sekarang sedang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

“Tidak benar kalau dikatakan kabur,” terang Wabup saat dihubungi melalui whatsapp, Senin 25 Mei 2020, malam lalu oleh pihak Polres Barito Utara.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Capai WTP, Karang Taruna Barito Utara Minta Terus Dipertahankan

Atas perbuatannya, warga Desa Lemo berusia 37 tahun, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara itu lanjut Riyanto diminta untuk membuat video pernyataan dan juga surat bermaterai 6000.

Untuk itu, ajaknya lagi agar masyarakat bijak bermedia sosial dan saring dulu informasi sebelum disebarkan ke ranah umum, baik masyarakat atau medsos.

“Kalau mengulangi, maka kunsekuensinya akan dikenakan pidana UU ITE dan perbuatan tidak menyenangkan juga,” tukasnya.

(shp/beritasampit.co.id)