Polres Kobar Jadi Contoh Polres yang Lain, Kapolda Apresiasi Inovasi Rumah Ali Baba

IST/BERITA SAMPIT - Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo meninjau ruang command center Polres Kotawaringin Barat.

PANGKALAN BUN – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo meninjau ruang command center Kepolisian Resor (Polres) Kotawaringin Barat (Kobar), Sabtu 6 Juni 2020.

Saat meninjau ruang command center, Irjen Pol Dedi mendengarkan paparan yang disampaikan Kapolres Kobar AKBP Dharma Ginting melalui Kasatreskrim AKP Rendra dan Kapolsek Arsel AKP Helky, tentang aplikasi ICD (Integrated Crime Database) dan inovasi Rumah Ali Baba (Aman Lingkungan Brsama Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa).

“Saya meninjau Command Center Polres Kobar untuk melihat implementasi aplikasi yang dijalankan di Polres Kobar,” katanya.

BACA JUGA:   Perkumpulan Pengajian Keluarga Muslim Barito Selatan Pererat Silahturahmi dengan Buka Puasa Bersama

Ia mengatakan inovasi ICD dan rumah Ali Baba inovasi Polres Kobar dapat menjadi contoh dan role model bagi Polres yang lain, guna meningkatkan sinergi antara Polri dengan TNI khususnya dalam menjaga Harkamtibmas.

“Sebelumnya Danrem juga sudah mencanangkan program rumah Ali Baba ini, namun di Polres Kobar sudah dibuat lebih dulu. Dan inovasi ini sangat bagus untuk role model bagi Polres yang lain. Dimana didalamnya ada sinergitas antara TNI Polri,” katanya.

BACA JUGA:   Antisipasi Praktik Curang, Satreskrim Polres Kobar Cek Tiga SPBU

Sementara itu, Kapolres Kobar AKBP Dharma Ginting menjelaskan, selain sebagai pusat multimedia dan kontrol serta pengawasan oleh kamera pengintai CCTV di Kabupaten Kobar, Command Center juga digunakan sebagai tempat memantau hotspot melalui aplikasi Hanyaken Musuh.

“Kami menggunakan aplikasi Hanyaken Musuh untuk mempermudah petugas dan masyarakat dalam memberikan laporan realtime terkait kebakaran hutan dan lahan. Semua anggota Polres Kobar telah mendownload aplikasi ini untuk menghadirkan polisi di tengah masyarakat berbasis teknologi informasi,” jelasnya. (Hardi/Beritasampit.co.id).