Bupati Katingan Apresiasi Program Lewu Isen Mulang

LAUNCHING : ANNAS/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat launching program Lewu Isen Mulang di Kelurahan Kasongan Lama, Senin 29 Juni 2020.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, hadiri pelaksanaan Launching program Lewu Isen Mulang atau Desa Pantang Mundur yang digelar serentak oleh Polda Kalteng di 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah, melalui video conference di setiap kelurahan di Kabupaten masing-masing, pada Senin 29 Juni 2020.

Usai Kegiatan tersebut, Bupati Katingan Sakariyas, kemudian lakukan Launching program Lewu Isen Mulang atau Desa Pantang Mundur Di Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Senin 29 Juni 2020.

Turut hadir Ketua DPRD Katingan, Dandim 1015 Sampit, Kapolres Katingan, Perwakilan Kejaksaaan Negeri Katingan, Perwakilan Pengadilan Negeri Kasongan, Sekretaris Daerah Katingan. sejumlah Kepala SOPD, Camat Katingan Hilir, Kapolsek Katingan Hilir, Danramil 1015 Sampit, Lurah Kasongan Lama, serta tamu undangan yang hadir.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan Hadiri Peresmian Mal Pelayanan Publik dan Penguatan Komitmen Penerapan Digital

Bupati Sakariyas, mengatakan tujuan dari program Lewu Isen Mulang ini adalah agar masyarakat dapat mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya.

“Lewu Isen Mulang ini patut diapresiasi, sebagai langkah awal yang inovatif dalam upaya memerangi penyebaran covid-19. Kita ketahui bersama, adanya pandemi virus corona yang melanda dunia ini tindak hanya berdampak pada sektor kesehatan, namun sangat berdampak pada kehidupan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Untuk itulah launching Desa Isen Mulang ini merupakan gerakan yang sangat positif yang memotivasi masyarakat mempersiapkan diri masuk pada era new normal atau normal baru.

Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini, menjelaskan bahwa Kelurahan Kasongan Lama di tunjuk sebagai Lewu Isen Mulang yang ada di Kabupaten Katingan karena dianggap memenuhi kriteria diantaranya potensi penduduk yang dimiliki cukup beraneka ragam, antara lain sebagai sektor perikanan, sektor pariwisata, sektor usaha mikro, budidaya walet.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Upayakan Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Kesejahateraan Masyarakat untuk Kemajuan Ekonomi Daerah

Dengan adanya Launching lewu isen mulang ini diharapkan masyarakat menjadi semakin kuat dalam penyedian produksi pangan, sehingga masyarakat tidak kekurangan pangan di tengah pandemi covid-19 ini.

“Meski di Kabupaten Katingan hanya kelurahan kasongan lama yang di pilih menjadi Lewu Isen Mulang, tapi saya berharapa kelurahan kasongan lama akan menjadi role model yang kedepannya yang akan di ikuti oleh seluruh kelurahan /desa yang ada di kabupaten Katingan,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)