Ketua Komisi II DPRD Minta Instansi Tingkatkan Pengawasan Koperasi

FOTO : IM/BERITASAMPIT - Ketua Komisi II DPRD Kotim, Hj.Darmawati.

SAMPIT – Ketua Komisi II DPRD Kotim Hj.Darmawati tegas meminta agar Pemerintah Daerah melalui dinas terkait meningkatkan pengawasan operasional terhadap koperasi agar memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Kita lihat fakta yang ada, sampai saat ini masih banyak koperasi yang bermasalah. Contohnya koperasi simpan pinjam yang bunganya tinggi dan lainnya, kita ingin di evaluasi, jangan sampai mereka membebani masyarakat,” katanya, Rabu 1 JuLI 2020 diruang kerjanya.

BACA JUGA:   Ketua Dewan Ingatkan Sekda Seruyan Harus Berkompeten

Menurut wanita yang turut menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Golkar ini, tujuan terbentuknya koperasi harusnya membantu masyarakat dan anggota koperasi itu sendiri, bahkan operasionalnya harus mengacu pada aturan dengan mempertimbangkan faktor-faktor penting lainnya.

“Kita ingin keberadaan koperasi harus membawa asas manfaat yang besar bagi masyarakat. Dalam hal ini instansi terkait harus melakukan evaluasi sehingga nantinya segala bentuk kendala maupun berbagai hal lainnya bisa diatasi,” tegasnya.

BACA JUGA:   Di Kotim Angka Pengangguran Masih Tinggi Kinerja Disnakertrans Kembali Disoroti

Politisi Partai Golkar ini juga menerangkan koperasi yang bergerak di bidang simpan-pinjam cukup banyak dikeluhkan masyarakat terkait operasional, koperasi banyak dinilai menerapkan bunga yang terlalu tinggi.

“Banyak laporan yang masuk ke kami terkait hal ini, sehingga membebani masyarakat, kita tentunya tidak ingin masyarakat malah semakin terpuruk karena bunga pinjaman yang terlalu tinggi, apalagi saat ini lagi ada bencana pandemi Covid-19,” tutupnya.

(im/beritasampit.co.id).