PDIP Semakin Kokoh dengan 10 Kursi, Gerindra Geser Posisi Golkar

IST/BERITASAMPIT - Kantor DPRD Kotawaringin Timur.

SAMPIT – Komposisi perolehan kursi DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) untuk periode 2024-2029 sudah terlihat berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten.

Diketahui bahwa dari total 40 kursi yang ada, PDI Perjuangan meraih total 10 kursi, sebelumnnya mereka hanya meraih tujuh kursi. Menambah dua kursi di dapil I dan satu di dapil IV.

PDIP tetap kokoh di bawah kepemimpinan H Halikinnor dengan tetap mempertahankan kursi Ketua DPRD Kotim.

Di sisi lain yang cukup mengejutkan Gerinda sudah bisa dipastikan menduduki posisi wakil ketua satu, menggeser posisi Golkar saat ini, dan menghilangkan jatah wakil pimpinan PAN saat ini yang turun dari enam kursi ke lima kursi.

Gerindra saat ini memboyong enam kursi, sebelumnnya hanya lima kursi, menambah kursi di dapil V, dipastikan mendapat kursi Wakil Ketua I DPRD Kotim.

Sejumlah partai memiliki perolehan kursi yang sama lima kursi yaitu Golkar, PAN, dan PKB masing-masing mengamankan satu kursi tiap dapil, bisa dipastikan wakil ketua dua untuk Golkar.

BACA JUGA:   Dilaporkan PT SCC Padahal yang Diklaim Lahan yang Tidak Pernah Diganti Rugi

Jika dibandingkan sebelumnnya Golkar meraih enam kursi, sekarang mereka kehilangan satu kursi di dapil III, kemudian PAN juga kehilangan satu kursi di dapil I, sementara PKB semula empat kursi kini bertambah satu di dapil III, jadi lima kursi.

Kemudian ada PKS dengan tiga kursi, yang semula hanya punya satu kursi di dapil I, mereka berhasil menambah dua kursi, masing-masing dari dapil II dan dapil IV, merebut kursi dari Demokrat.

Selanjutnya Partai Demokrat meraih tiga kursi, yang semula meraih lima kursi kini berkurang, kehilangan kursi di dapil II dan dapil IV.

Sementara Nasdem sekarang memiliki dua kursi, mereka harus kehilangan kursi mereka di dapil III dan dapil V.

Partai Perindo masih mampu mempertahankan satu kursi mereka dari dapil V.

“Ini berkat kerja keras semua caleg (calon legislatif) PDIP mengangkat suara partai, sehingga memperoleh kursi tambahan menjadi 10 kursi,” kata Ketua DPC PDIP Kotim Halikinnor, Senin 4 Maret 2024 lalu.

BACA JUGA:   Galian C Beroperasi di Sekitar Perkebunan Kelapa Sawit, Warga Minta Pemerintah dan Penegak Hukum Turun Tangan

Ia menilai para calon legislatif (caleg) sudah berjuang dan menunjukkan keuletan untuk meraih suara, serta menjunjung kebersamaan dalam Pemilu 2024.

Tak ketinggalan dukungan dari lapisan masyarakat sehingga kursi mereka yang saat ini ada tujuh maka bertambah.

“Terima kasih pada masyarakat yang sudah mendukung, dan juga ini berkat kerja keras semua caleg PDIP mengangkat suara partai, sehingga memperoleh kursi tambahan menjadi 10 kursi,” ungkapnya.

Ketua DPC Gerindra Kotim Juliansyah mengaku penambahan kursi ini memang sejak awal sudah mereka yakini bertambah, bahkan target unsur pimpinan bisa mereka capai.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kotim atas dukungannya sehingga Gerindra bisa dipastikan menduduki unsur pimpinan DPRD Kotim.

Sementara itu Ketua DPC PKB Kotim Suhibol Hidayah saat dikonfirmasi menyebut kini PKB sudah punya wakil di seluruh dapil di Kotim.

Tentunya ini akan menambah kekuatan PKB di legislatif tersebut. “Dengan penambahan kursi ini artinya PKB di Kotim semakin kuat,” tegasnya.

(Nardi)