Kabar Gembira, DKPP Seruyan Akan Terapkan Program Asuransi Tani dan Ternak

KUALA PEMBUANG – Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan Albidinnor menyebut, tahun ini akan mengadakan program asuransi pertanian berupa lahan sawah dan hewan ternak bagi para petani dan peternak di Kabupaten Seruyan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gagal panen dan kematian hewan ternak para petani dan peternak di Kabupaten Seruyan.

“Program tersebut di maksudkan misal seperti asuransi ternak, yakni apabila terjadi sakit atau pun kematian hewan ternak yang di asuransikan maka akan di ganti sejumlah premi yang dibayarkan, begitu pun untuk asuransi tani apabila terjadi gagal panen yang di sebabkan banjir, hama maupun lainnya, maka petani akan menadapat asuransi senilai premi yang dibayarkan,” kata Albidiannor.

BACA JUGA:   DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat Kunjungi Dislutkan Kalteng

Lebih lanjut, ia menyebutkan ini merupakan jawaban dari Bupati Seruyan Yulhaidir  untuk menjamin petani dan peternak yang ada di Kabupaten Seruyan,

“Dalam rangka kepastian dalam berusaha, sehingga tidak adanya keraguan lagi bagi para petani maupun peternak saat terjadinya gagal panen atau kematian ternak,” pungkasnya.

Karena itu, Albidinnor berharap agar para petani dan peternak di Kabupaten Seruyan dapat pro aktif bagi yang berkeinginan untuk ikut asuransi agar melapor ke penyuluh pertanian lapangan terdekat atau menghubungi DKPP.

BACA JUGA:   Rayakan Kemenangan, Tim Paslon Prabowo-Gibran Kabupaten Lamandau Gelar Syukuran 

“DKPP Kabupaten Seruyan sendiri tidak ada paksaan bagi para petani atau peternak yang tidak berkeinginan untuk berasuransi,” tuturnya.

(ASY/beritasampit.co.id)