DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat Kunjungi Dislutkan Kalteng

SYA'BAN/BERITASAMPIT - Foto bersama Dinas Kelautan dan Perikanan bersama Anggota DPRD Komisi B Kabupaten Kotawaringin Barat.

PALANGKA RAYA – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima kunjungan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), di Aula Dislutkan Kalteng, Kamis 21 Maret 2024.

Rombongan anggota Komisi B DPRD Kobar yang dipimpin oleh Prasyuda Aprianto ini diterima oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap Arief Rakhman Fauzi.

Pada kesempatan itu, Prasyuda Aprianto mengatakan bahwa kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk sinergisitas program dan kegiatan kerja sama penyediaan layanan perbankan untuk fasilitasi subsidi bagi pelaku usaha perikanan.

“Kedatangan kami ini untuk berkonsultasi dan koordinasi terkait kegiatan fasilitasi subsidi bagi pelaku usaha perikanan, yang akan diberikan bagi pelaku usaha perikanan di Kabupaten Kotawaringin Barat tahun ini,” terang Prasyuda Aprianto.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Sediakan 51 Posko Pantau Arus Mudik

Menyambut kedatangan rombongan Komisi B itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Arief Rakhman menyampaikan arahan Kepala Dislutkan Kalteng Darliansjah agar dalam melaksanakan program/kegiatan kelautan dan perikanan di Kalteng untuk selalu bersinergi antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah provinsi, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Harapannya, antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dapat terjalin kerja sama dan koordinasi yang baik,” kata Arief Rakhman.

“Sehingga dapat bersinergi dalam pemberdayaan pelaku usaha perikanan, baik nelayan, pembudidaya maupun pengolahan hasil perikanan, serta program strategis yang dilaksanakan di kabupaten,” lanjut Arief Rakhman.

Selain itu, Arief menjelaskan bahwa pada tahun 2024 Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran kembali memberikan bantuan bagi pelaku usaha perikanan di Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Demokrat Siapkan Junaidi untuk Maju di Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

“Bantuan ini diberikan kepada 26.181 pelaku usaha perikanan se-Kalteng berupa kerja sama penyediaan layanan perbankan, untuk fasilitasi subsidi biaya sarana produksi bagi pelaku usaha perikanan Kalteng dalam bentuk subsidi BBM, pakan, dan benih ikan,” beber Arief Rakhman.

Dia menjelaskan, Gubernur Sugianto Sabran memberikan bantuan ini dilatarbelakangi adanya kenaikan harga sarana produksi perikanan.

Lebih lanjut, Arief Rakhman mengatakan bantuan yang akan disalurkan melalui Bank Kalteng ini diharapkan dapat mendorong pelaku usaha perikanan untuk mengenal perbankan, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan keinginan pelaku usaha perikanan dalam kerja sama dengan bank.

(Sya’ban)