Tekan Angka Kecelakaan, Polisi Cek Kelengkapan Bus

Man/BERITA SAMPIT : Kasatlantas Polres Kobar AKP Salahidin,usai melakukan pengecekan di terminal Natai Suka PBun, foto bersama dengan Dinas Perhubungan.

PANGKALAN BUN- Polres Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Dinas Perhubungan dan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) melakukan pengecekan kelaikan kendaraan menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Kapolres Kobar AKBP E Dharma B Ginting, melalui Kasatlantas Polres Kobar AKP Salahidin, mengatakan pengecekan ini sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas terutama menghadapi kesiapan kemungkinan adanya lonjakan penumpang menuju adaptasi kebiasaan baru,” kata Salahidin.

Pengecekan kelaikan atau ram chek itu dilakukan terhadap sejumlah kendaraan bu Yessoe, Logos, Damri dan Agung Mulya di terminal Natai Suka, Kel. Baru, Kec. Arut Selatan (Arsel).

BACA JUGA:   Pembangunan Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas dan Suaminya Almarhum Bohap Mendapat Perhatian Khusus dari Pemkab Kobar

Menurut Salahidin, kendaraan yang dilakukan pengujian kelaiakan itu tidak hanya angkutan orang, namun juga kendaraan pembawa barang.

“Kita melakukan pemeriksaan, lampu panjang, lampu sen, lampu hazard, rem dan ban serta memeriksa surat-surat kendaraan lainnya,” tuturnya.

Pengecekan itu sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas juga pembinaan kepada pengemudi dan sarana angkutan umum.

BACA JUGA:   Ini Giat Safari Ramadan 1445 H Kapolda Kalteng ke Kotawaringin Barat

Kasat Lantas, juga mengimbau para pengemudi untuk tidak mabuk atau mengkonsumsi narkoba selama perjalanan, karena itu bisa membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya.

“Kami juga mengimbau kepada para pengemudi, agar senantiasa memperhatikan keselamatan di jalan dan mengutamakan pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Salahidin, berharap kegiatan ini dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas maupun pelanggaran lalu lintas lain dan terciptanya kesadaran hukum.

(man/beritasampit.co.id).