Minimalisir Kriminalitas, Kapolres Sukamara Ingatkan Anggota Tingkatkan Patroli

Patroli : ENN/BERITA SAMPIT - Patroli yang dilakukan anggota Polres Sukamara untuk meminimalisir tindak kriminalitas.

SUKAMARA – Kapolres Sukamara AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana mengatakan bahwa pihaknya akan lebih meningkatkan kewaspadaan dengan meningkatkan patroli keliling.

“Saya mengimbau jajaran kami agar senantiasa tetap aktif untuk melaksanakan kegiatan patroli,” kata Putu Dedy saat pres release kasus pencurian ratusan juta rupiah di Desa Bangun Jaya Kecamatan Balai Riam, Rabu (5/8/2020).

Hal itu lantaran adanya kasus pencurian dengan total kerugian korban mencapai Rp 700 juta dengan menggunakan modus sebagai pedagang keliling musiman untuk melakukan pemantauan.

“Karena kejadian pencurian ini dengan tersangka satu bulan melakukan pengamatan merupakan waktu yang cukup lama dan modusnya sebagai pedagang musiman, ini yang perlu diantisipasi oleh jajaran kami,” jelas Putu Dedy.

BACA JUGA:   Sopir Kabur Usai Jual CPO, Truk Ditinggal di Pinggir Jalan

Kapolres Sukamara juga mengajak masyarakat untuk bekerjasama dengan Polri dalam menjaga keamanan dapat meminimalisir tindak kejahatan seperti pencurian dengan pemberatan yang terjadi di Desa Bangun Jaya Kecamatan Balai Riam.

“Kita berharap kejadian seperti ini bisa diminimalisir dengan lebih awal bisa mendeteksinya,” ucap Puti Dedy.

Cara mendeteksi dan meminimalisir tindak kejahatan tersebut Polres Sukamara bekerjasama dengan masyarakat agar jika ada tamu atau pendatang baru, Polsek dan perangkat desa dalam 1×24 jam harus melakukan pendataan.

BACA JUGA:   Pertumbuhan Ekonomi Sukamara pada 2023 Sebesar 5,64 Persen

“Dengan begini meminimalisir terjadinya kejahatan dan mengurangi keapatisan Masyakarat terhadap kondisi lingkungan sekitarnya,” jelasnya.

Himpitan ekonomi membuat Maman Kobe (48 tahun) nekat membobol toko handphone di Desa Bangun Jaya Kecamatan Balai Riam dan berhasil membawa kabur uang dan perhiasan emas dengan total kerugian mencapai Rp 700 juta.

Tersangka Maman Kobe berhasil diamankan saat bersembunyi di barakan di Simpang Empat Pemuda Jalan Tijik Riwut km 1 Sampit oleh Resmob Subdit III Jatanras Polda Kalteng bersama Unit Resmob Polres Kotim, Unit Resmob Polres Seruyan back up Unit Reskrim Polsek Balai Riam. (enn/beritasampit.co.id)