Pemuda Berperan Penting Tingkatkan Partisipasi Pemilih

WAWANCARA : IST/BERITA SAMPIT - Ketua DPD KNPI Kalteng Rahmad Handoko (Tengah) saat diwawancara awak media usai menyampaikan materi dalam kegiatan Sosialisasi Pemuktakhiran Data Pemilih, Kamis 6 Agustus 2020.

PALANGKA RAYA – Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kalimantan Tengah (Kalteng), Rahmad Handoko menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan “Sosialisasi Pemuktahiran Data Pemilih” yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Kamis 6 Agustus 2020 di salah satu Cafe yang ada di Kota Cantik Palangka Raya.

Rahmad Handoko menyampaikan dalam kegiatan yang diikuti oleh berbagai elemen organisasi tersebut bahwa, pemuda sebagai salah satu pilar penting dalam pembangunan bangsa memiliki peran penting untuk turut serta dalam mensosialisasikan Pilkada Kalteng Desember 2020.

Hal itu menurutnya harus dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu. Tingkat partisipasi pemilih dalam sejumlah Pemilu di Kalteng masih rendah terutama partisipasi dari golongan pemuda, maka kata Handoko, penting terus dilakukan edukasi dan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya partisipasi kaum pemuda dalam Pemilu.

BACA JUGA:   Diduga ada Pelanggaran Administratif Pemilu 2024, Bawaslu Kalteng Dampingi Sidang

Hal ini dikarenakan Indonesia sebagai negara demokrasi menjadikan pemilu sebagai salah satu pilar utama dari sebuah proses akumulasi kehendak rakyat.

“Pemilu merupakan prosedur demokrasi untuk memilih pemimpin, maka penting bagi warga Indonesia, khususnya masyarakat Kalimantan Tengah untuk memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu, yang kedepan diharapkan dapat membawa perubahan baik bagi daerah sesuai dengan keinginan bersama,” jelas Mantan Ketua Umum HMI Cabang Palangka Raya ini.

BACA JUGA:   Beasiswa Gerbang Mentaya Tuai Kritik Keras dari Kalangan Mahasiswa

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap akan tercipta harmonisasi antara penyelenggara pemilihan dengan masyarakat, terutama pemuda untuk menciptakan suasana pemilu yang seru dan damai. Menurutnya, pemilu adalah pesta rakyat dan harus berjalan dengan damai, seru serta menggembirakan.

“Cocokan data pemilih, teliti dan lindungi hak pilihmu. Mari bersama ciptakan pemilu Kalteng yang damai dan seru sehingga terwujudlah suasana demokrasi yang positif,” tutup Tokoh Pemuda Kalteng yang akrab disapa Koko itu. (NA/beritasampit.co.id).