Penipu Gunakan Foto Profil Palsu Mulai Marak : Camat : Saya Hampir Ditipu

PERCAKAPAN : IST/BERITA SAMPIT : Hasil percakapan melalui pesan WA antara penipu dengan camat.

SAMPIT – Pengguna media sosial mulai dari facebook (FB), whatsapp (WA) dan instagram (IG) diharapkan berhati-hati. Sebab, penipuan menggunakan foto profil palsu punya orang lain sudah marak. Ujung-ujungnya meminta transfer sejumlah uang.

Kali ini, target penipu gunakan foto profil camat bahkan kepala desa. Hanya saja, penipu tidak bisa mengubah nomor telepon pemilik asli.

Camat Pulau Hanaut Eddy Mashamy salah satu target para penipu. Penipu berhasil memasang foto profil camat untuk menipu.

“Kami sempat kirim-kirim pesan lewat WA, nama dia (penipu) di status WA adalah Siswanto. Saya tidak kenal sama dia. Ujung-ujungnya pinjam duit dengan alasan tertentu. Saya hampir tertipu,” ujar Eddy saat dikonfirmasi melalui sambungan selular, Senin 7 September 2020.

BACA JUGA:   Narapidana Bergama Hindu Dapat Remisi  Hari Raya Nyepi

Eddy menduga bahwa penipu berhasil mengambil foto profil pribadi miliknya melalui akun FB, WA maupun IG. Kemudian, foto itupun dipasang di status WA penipu.

Ternyata, penipu juga tidak hanya berusaha menipu Camat Pulau Hanaut. Sebelumnya juga Kepala Desa Rawa Sari, Kecamatan Pulau Hanaut Sigit Pranoto.

Penipu awalnya mengirim pesan melalui WA menggunakan foto profil kepala desa kepada kasir BRI Link yang ada di Desa Rawa Sari.

Penipu meminta agar kasir secepatnya mentransfer uang melalui rekening atas perintah kepala desa. Aksi itu berhasil digagalkan, karena kasir segera berkoordinasi langsung dengan kepala desa asli.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Imbau THM Serta Warung Makan Tidak Buka Saat Puasa Ramadan

Nasib serupa juga dialami Kepala Desa Terantang, Kecamatan Seranau Aswadi Syukur. Foto profil kepala desa itu juga dipasang penipu untuk menipu perangkat desa dan warga desa.

“Jika ada nomor yang tidak dikenal mengatasnamakan nama saya, jangan dilayani karena itu bukan nomor saya yang asli,” tegas dia.

Penipu menggunakan foto profil pejabat saat ini sudah marak terutama di Kotim. Diperkirakan oknum tersebut merupakan warga Sampit karena banyak kenal dengan pejabat.

Untuk itu, pihak kepolisian diminta agar membantu melacak siapa sebenarnya penipu yang sudah dianggap sangat meresahkan.

(ifin/beritasampit.co.id)