Duwel Rawing Dorong Pemerintah Secepatnya Melakukan Evakuasi Korban Banjir

IST/ Duwel Rawing Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Kalimanatan Tengah (Kalteng) Duwel Rawing mendorong pemerintah secepatnya melakukan evakuasi terhadap para warga yang terdampak banjir.

Mantan Bupati Katingan Dua periode ini, merasa prihatin menyikapi bencana alam yang terjadi dibeberapa kabupaten di Kalimantan Tengah ini, Seperti Kabupaten Lamandau, Seruyan dan Katingan.

“Harusnya pemerintah jangan hanya sekali menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pasalnya tiap daerah memiliki persediaan berbagai jenis bantuan salah satu contohnya yakni Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang disimpan di gudang Bulog,” pungkas Duwel Rawing. Rabu, 16 September 2020

BACA JUGA:   Resmi Dilantik, Ini Pesan Gubernur ke Pengurus KONI Kalteng

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga menambahkan CBP tersebut dapat disalurkan sewaktu-waktu itu dalam kondisi tertentu seperti halnya jika terjadi bencana alam ataupun non alam.

“Kalau ketersediaan bantuan ya sudah pasti ada tinggal daerah saja yang harus segera menetapkan kondisi bencana sehingga bantuan itu bisa ditarik untuk dibagikan secepatnya kepada masyarakat yang terdampak Bencana,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Wujud Kepedulian Polri, Polsek Seruyan Tengah Salurkan Bantuan Beras Pada Warga Terdampak Covid-19

Menurutnya, pemerintah jangan hanya memperhatikan penyaluran bantuan sosial namun juga harus memikirkan langkah evakuasi warga guna menghindari korban jiwa.

“Meningkat banjir yang terjadi di beberapa wilayah terbilang cukup parah yang harus dipikirkan pertama itulah,” ujarannya

Pihaknya kembali mendorong pemerintah cepat melakukan langkah evakuasi terhadap korban banjir.

“Masyarakat pun sudah terbiasa menghadapi banjir musiman itu sehingga pemerintah juga harus terbiasa dalam menyikapi bencana alam dalam artian terkait penanganan sosialnya,” tutupnya

(M.Slh/beritasampit.co.id)