Pemerintah Provinsi Kalteng Kembali Luncurkan Mudik Gratis, Begini Cara Daftarnya

IST/BERITASAMPIT - Pemprov Kalteng luncurkan program mudik gratis.

PALANGKA RAYA – Mudik Gratis kembali dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan memfasilitasi angkutan darat yang diamanahkan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi, Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi serta Mitra dan Perusahaan Travel yang terdaftar di wilayah Kalteng seperti PT. Jasa Raharja, Bank Kalteng, DPD Organda Kalteng, dan Perusahaan Otobus (PO) Agung Mulia, PO Logos, Yessoe Travel, Jumat 29 Maret 2024.

Program yang direalisasikan pada lebar tahun 2024 atau 1445 Hijriah ini memiliki, Palangka Raya – Bahaur, Palangka Raya – Sampit, Palangka Raya – Pangkalan Bun hingga Palangka Raya – Banjarmasin, mulai tanggal 06 Maret hingga 13 April 2024 diberlakukan untuk pemudik dari arah Pangkalan Bun dan Banjarmasin yang bisa mengakses aplikasi (Mitra Darat) dengan batas 308 tiket atau penumpang (PNP).

Untuk arah mudik Bahaur mulai tanggal 28 Maret hingga 06 April 2024 pemudik bisa langsung menuju kantor DAMRI di jalan Tjilik Riwut kilometer 7 depan perumahan komplek pinguin pendaftaran dapat dilakukan di loket DAMRI atau bisa langsung diarahkan ke google maps dengan mengkik link ini https://maps.app.goo.gl/FZmhFhuota29vPV97.

Sedangkan untuk arah Sampit mulai tanggal 28 Maret hingga 06 April 2024, pemudik dapat mendatangi kantor PO. Airgan jalan Adonis Samad atau depan perumahan Kecipir dengan jumlah terbatas bagi yang cepat 140 tiket/PNP.

BACA JUGA:   Agus Siswadi Apresiasi Peran Media Massa Sampaikan Informasi kepada Masyarakat Kalteng

Kepala Dishub Provinsi Kalteng, Yulindra Dedy menuturkan bahwa dalam program mudik lebaran gratis ini satu satunya di tanah Borneo yakin hanya Provinsi Kalteng yang mampu melaksanakan yang sebelumnya belum ada rute Bahaur dan Sampit.

“Kita bersyukur untuk tujuan Banjarmasin dan Pangkalan Bun merupakan rute mudik gratis yang masuk dalam 33 Kota Tujuan Arus Mudik Gratis Nasional dan satu-satunya di Pulau Kalimantan. Sehingga melihat antusiasme Masyarakat yang tinggi bersama mitra kita juga menambahkan rute Bahaur dan Sampit,” katanya.

Yulindra Dedy juga menambahkan berdasarkan hasil koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng yang nantinya juga turut serta membuat kebijakan program Mudik Gratis Idul Fitri 1445 H khusus untuk Mahasiswa Kalteng mulai 04 April 2024 dengan kouta 148 tiket/PNP dengan tiga rute tujuan yakni Rute pertama dari Katingan, Kotawaringin Timur, Seruyan, Lamandau dan Sukamara. Rute Kedua yaitu Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya. Rute ketiga yaitu Pulang Pisau, Gunung Mas dan Kapuas. Dengan cara mendaftarkan diri melalui link ini https://bit.ly/MudikGratisMahasiswaDisdik.

BACA JUGA:   Pengurus HMI Korkom UPR dan Komisariat FKIP, FEB, Hukum dan Teknik Periode 2023-2024 Resmi Dilantik

Semua pemudik yang terdaftar akan berkumpul di terminal WA. Gara di jalan lingkar luar mahir mahar kota Palangka Raya pada tanggal 7 April 2024 pukul 10.00 WIB diresmikan oleh Gubernur Kalteng.

Kepala BPTD Kelas II Kalteng, M. Andi Rahmatullah mengapresiasi selain memberikan jasa tumpangan gratis bagi warga Kalteng sekaligus menghindari musibah bagi pengendara motor yang mudik lebaran ke kampung halaman masing-masing sehingga dapat menekankan angka lakalantas.

“Jadi program mudik gratis ini adalah dalam rangka mengurangi tingkat kecelakaan, khususnya untuk angkutan sepeda motor dan mengurangi kemacetan lalu lintas, serta menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan angkutan umum saat melakukan perjalanan mudik,” ungkapnya.

Andi juga turut antusias dengan kerjasama Pimpinan Daerah Provinsi Kalteng dapat menciptakan kenyamanan bagi warganya yang menggunakan waktu libur berkumpul kembali bersama keluarga di kampung halaman.

“Dengan kolaborasi yang dilaksanakan pemerintah, diharapkan momen Lebaran tahun ini dapat dirayakan dengan Aman, damai, nyaman, dan penuh keberkahan bagi semua agar tercipta “Mudik Ceria Penuh Makna” Kalteng Semakin Berkah,” tutupnya.

(Redha)