Jalan Trans Kalimantan di Kasongan Tergenang Banjir Paling Parah

BANJIR : ANNAS/BERITA SAMPIT - Suasana saat Satlantas Polres Katingan dan TNI mengantur kendaraan saat melewati banjir, di jalan Trans Kalimantan, Kasongan-Kereng Pangi.

KASONGAN – Kondisi banjir di wilayah utara dan Hulu Katingan seperti Desa Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu dan Tumbang Hiran, Kecamatan Marikit sejak tiga hari sebelumnya sudah mulai turun.

Namun hasil banjir kiriman tersebut, dari pantauan pada Kamis 17 September 2020 turun lagi ke berbagai kecamatan di bawahnya, salah satu dampaknya yaitu di Kota Kasongan mengalami banjir. Sehingga ratusan rumah warga pun tergenang banjir, bahkan jalan Trans Kalimantan yang melewati Kota Kasongan yang tahun sebelumnya tidak pernah banjir, dan tahun ini malah tergenang banjir.

Salah satunya jalan Trans Kalimantan, Km 3,4 atau tikungan bajang (sebelum rumah makan ceria), Km 1 Kota Kasongan tepatnya jalan depan Sekretariat KNPI Katingan, dan tikungan sebelum bundaran depan rumah makan padang. Tinggi banjir tersebut setengah lutut orang dewasa.

BACA JUGA:   Tersangkut Korupsi, Kades Tumbang Liting dan Oknum Satpol PP Katingan Ditahan Kejari Katingan

Kemudian, titik terendam banjir yang cukup parah yaitu di jalan Trans Kalimantan Kota Kasongan – Kereng Pangi, tepatnya di Km 2 setelah SPBU. Banjir diperkirakan sepanjang 100 meter lebih dengan ketinggian lutut orang dewasa bahkan lebih.

Dari pantauan juga, saat pengendara mobil dan motor saat melewati jalan dilakukan penjagaan dari pihak Satlantas Polres Katingan dan dibantu warga setempat demi lancarnya lalu lintas jalan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga, mengatakan, bencana banjir di wilayahnya terus meluas. Selain jalan desa dan jalan antar kecamatan, ruas jalan Kabupaten maupun jalan Nasional maupun jalan Trans Kalimantan di Katingan juga kebanjiran.

BACA JUGA:   Warga Terdampak Banjir di Katingan Sebanyak 29.000 KK Semua Mendapat Bantuan

Namun, menurutnya sejauh ini banjir yang menggenangi ruas Jalan Trans Kalimantan wilayah Katingan ini masih aman dan bisa dilalui baik kendaraan arah Sampit maupun Palangka Raya.

Perlu diketahui, selain jalan yang tergenang banjir. Titik banjir lainnya di Kota Kasongan yaitu berada di Desa Talian Kereng hingga ke Desa Banut Kalanaman, namun ketinggian banjir yang menggenangi jalan tidak lebih dari 30 centimeter.

Banjir juga menggenangi rumah warga di Kampung Banjar, Kelurahan Kasongan lama atau Jalan Kenangan dan daerag sekitarnya. (Annas/beritasampit.co.id).