Peringati HUT Karang Taruna Ke 60, Abdul Hafid : Mari Bantu Pemerintah

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Umum Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto saat memutung nasi tumpeng diperingatan HUT Karang Taruna ke 60.

PALANGKA RAYA – Pengurus Karang Taruna Provinisi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 yang digelar secara virtual oleh Pengurus Nasional Karang Taruna.

Selain menggelar peringatan HUT Karang Taruna Pengurus Nasional juga mengumumkan kepengurusan periode 2020-2025. Menurut Ketua Umum Karang Taruna Nasional Didik Mukriyanto pihaknya sudah menyusun The Dream Team untuk 5 tahun ke depan.

Dirinya optimis Karang Taruna mampu menjadi salah satu instrument yang membantu pemerintah dalam mengurai masalah-masalah sosial yang begitu kompleks dengan bergabungnya tokoh-tokoh bangsa dalam kepengurusan Karang Taruna.

“Melalui proses panjang kepengurusan Karang Taruna periode ini akan menjadi The Dream Team untuk 5 tahun ke depan karena tidak sedikit tokoh-tokoh bangsa yang terlibat dan ingin berpartisipasi dalam mengurai permasalahan sosial bangsa ini, membantu pemerintah dan masyarakat,” kata Ketum Karang Taruna Nasional Didik Mukriyanto di Hotel Grand Zuri BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu 26 September 2020.

Didik Mukrianto juga mengatakan persoalan sosial akan semakin dinamis seiring dengan perkembangan zaman dan juga perkembangan teknologi.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Sudah Bantu 9.056 Masyarakat Tidak Mampu Dengan Program Kesehatan Gratis

Untuk itu ia mengajak para kader Karang Taruna mampu beradaptasi dan mampu membentengi diri agar moral dan identitas sebagai anak bangsa tidak tergerus.

Langkah konkrit yang dilakukan Karang Taruna sebagai penjaga moral dan Karakter bangsa menjadi agenda bersama yang harus didukung semua elemen.

“Mari kita perangi terhadap Narkoba dalam gerakan Nasional Karang Taruna anti narkotika (Gernaskartika),” tegasnya.

Dirinya mengapresiasi semua kader Karang Taruna se Indonesia di tengah pandemi covid-19 tanpa perlu instruksi hadir di masyarakat membantu pemerintah dalam aksi-aksi sosial seperti membagikan sembako bagi warga terdampak covid-19.

Ditempat terpisah, Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid menyambut baik program yang dilakukan Pengurus Nasional Karang Taruna.

Pasalnya, di tengah berbagai persoalan bangsa saat ini tema yang diangkat di HUT Karang Taruna saat sangat tepat.

“Karang Taruna Bantu Pemerintah tangani covid-19 ini merupakan tema yang menggambarkan peran-peran Kader Karang Taruna yang selama ini tanpa instruksi telah bergerak dan terpanggil membantu masyarakat, saya sendiri melihat jiwa-jiwa sosial para kader Karang Taruna di setiap lapisan gotong royong membantu masyarakat,” ungkap Hafid.

BACA JUGA:   Covid-19 Belum Berakhir, Gubernur Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Katua Karang Taruna Kalteng ini juga berharap para kader Karang Taruna di setiap lapisan baik desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota hingga provinisi terus bergerak membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.

Hafid juga menjelaskan Karang Taruna Kalteng juga akan menggelar beberapa kegiatan dalam memperingati HUT Karang Taruna ke 60. Seperti pelatihan jurnalistik, menanam 2.000 pohon dan pembagian sembako.

Untuk diketahui Putra Presiden Jokowi Gibran Rakabuming dan menantu Wapres Ma’ruf Amin Muhammad Rapsel Ali masuk ke majelis pertimbangan Karang Taruna.

Gibran menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna. Sedangkan Rapsel Ali menjabat sebagai wakil. Rapsel Ali merupakan suami dari putri Ma’ruf, Siti Nur Azizah.

(Kawit/beritasampit.co.id)