75.219 DPT Disahkan, Ketua Pelaksana Harian KPU Bartim Imbau Warga Gunakan Hak Pilih

WAWANCARA : IST/BERITA SAMPIT - Ketua Pelaksana Harian Komisi Pemilihan Umum Barito Timur, Anugrahadi saat diwawancara awak media.

TAMIANG LAYANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Timur resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Barito Timur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalimantan Tengah tahun 2020. Jumlah total DPT Bartim yaitu 75.219.

Penetapan DPT ini dilakukan melalui Rapat Pleno Terbuka di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kota Tamiang Layang, Jumat 16 Oktober 2020.

“DPT wilayah Bartim tersebut menjadi jumlah acuan dasar memberikan hak suaranya bagi calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada tanggal 9 Desember akan datang,” tutur Ketua Pelaksana Harian KPU Barito Timur Anugrahadi,

BACA JUGA:   Satpol PP Siap Kerahkan Pesonil untuk Turunkan Baliho Calon

Ia menjelaskan, bahwa memang beberapa hari yang lalu ada perubahan penambahan, terutama wilayah Kecamatan Patangkep Tutui sebanyak 8 pemilih dan kecamatan lainnya malah pengurangan karena meninggal dunia. Hal ini sudah dilakukan sinkronisasi dan filterisasi oleh KPU bersama Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu).

“Sebelumnya sudah kita lakukan jauh hari dari bulan Desember tahun 2019 mulai dari menyusun daftar pemilih, pencocokan, penelitian sehingga kita bisa tetapkan DPS sampai pada hasil akhir sekarang bersama Bawaslu tiga hari berturut lakukan pengecekan dan filterisasi data,” jelas Anugrahadi.

BACA JUGA:   Tips Kampanye Saat Pandemi Covid-19 Oleh Relawan Muda Sugianto - Edy

Ia memastikan bahwa DPT yang disahkan adalah data akurat hasil Tim KPU bersama Bawaslu yang sudah dilakukan pembersihan dari data ganda, anomali atau data ganjil tidak lengkap, pindah, meninggal dan sebagainya.

“Kami KPU bertugas melayani masyarakat dipastikan seluruh warga masyarakat yang memiliki hak pilih masuk dalam DPT. Kami imbau agar gunakan hak pilihnya pada waktunya nanti, maka perjuangan berat kami sangat dihargai,” pungkasnya. (Rls/beritasampit.co.id).