Dorong Semangat Wirausaha, Karang Taruna Kalteng NGOPI bersama Pemuda

Hardi/BERITA SAMPIT - Kegiatan Ngobrol Santai Penuh Inspirasi (NGOPI) yang dilaksanakan Karang Taruna Kalimantan Tengah bersama Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA – Karang Taruna Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Ngobrol Santai Penuh Inspirasi (NGOPI) bersama Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalteng, dalam kegiatan tersebut membahas tentang kreatif dimasa pandemi.

Nampak hadir sebagai narasumber Ketua Karang Taruna Kalteng Abdul Hafid, dan Kadis Koperasi UKM Provinsi Kalteng Ati Mulyati serta di pandu oleh host cantik Rina Ardhila, Senin 26 Oktober 2020.

Ketua Karang Taruna Abdul Hafid mengatakan bahwa kegiatan ini menyesuaikan dengan program-program ke organisasian karang taruna disaat kondisi yang saat ini.

“Kami bersyukur Karang Taruna Kalteng mendapatkan tempat dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada saat ini, karena pada dasarnya Karang Taruna bukan barang baru, karena orang-orang tahu Karang Taruna itu ada di desa-desa atau kelurahan serta kegiatan yang berkaitan dengan sosial,” kata Ketua Karang Taruna Kalteng Abdul Hafid.

Abdul Hafid menjelaskan untuk pembinaan teknis karang taruna itu, meliputi seluruh instansi pemerintah, meskipun secara fungsionalnya dibina oleh Dinas Sosial.

BACA JUGA:   Dalam Operasi Zebra Telabang 2020, Personel Gabungan Disiplinkan Prokes Kepada Pengendara

Hafid berharap dengan kegiatan ini dapat memberi pemahaman kepada para pemuda dan pemudi karang taruna.

Di tempat yang sama Kadis Koperasi UKM Provinsi Kalteng Ati Mulyati memberikan penjelasan terkait program unggulan dimasa pandemi covid-19. Pada saat ini untuk kuliner masih mampu bertahan oleh karena itu Ati mengimbau, semua pelaku usaha micro kecil dan menengah agar tetap semangat dan bangkit untuk berinovasi untuk melawan pandemi.

“Semua pelaku usaha mikro yang ada di Kalimantan Tengah yang terdampak, secara intens kita berkomunikasi melalui dinas Kabupaten dan Kota yang berada di Kalimantan Tengah, untuk memberikan dukungan dan semangat kepada semua pelaku usaha agar mereka tetap bangkit dan tangguh dalan menghadapi pandemi. Adapun cara yang dilakukan seperti mengarahkan para pelaku usaha untuk membaca peluang, dan potensi yang ada,” terang Kadis Koperasi UKM Provinsi Kalteng Ati Mulyati.

BACA JUGA:   Dinas Koperasi Dan UKM Kumpulkan Pelaku Kuliner, Bahas Ini?

Ati menjelaskan di saat pandemi para pemuda diminta kreatif dan membaca peluang, misalnya dengan membuat masker. Selain Pemuda harus dituntut maningkatkan kemampuan di era persangingan global sekarang ini. Selain itu pihaknya juga mendorong Karang Taruna terus menjadi garda terdepan dalam memfasilitasi para generasi muda.

“Saya yakin anak-anak muda Kalteng mampu, tetap semangat dan terus berjuang Karang Taruna dalam membina generasi muda,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Rabuasnyah peserta asal Kabupaten Katingan sangat senang dengan dialog santai yang digelar Karang Taruna.

“Dialog NGOPI hari ini sangat menginsipirasi, kami bisa langsung mendengarkan langsung dari kepala Dinas Koperasi dan UKM, ternyata banyak program-program yang disediakan pemerintah dalam membantu para pelaku UKM,” singkatnya

(Hardi/Beritasampit.co.id)