Orang Tua Perlu Dukung Peningkatan SDM Anak

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua II DPRD Mura, Rahmanto Muhindin SHI, MH.

PURUK CAHU – Wakil Ketua II DPRD Murung Raya (Mura) Rahmanto mengatakan, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dapat ditanamkan sejak dini kepada setiap generasi muda dan perihal tersebut tentu tidak terlepas dari peran orang tua dalam membimbing dan memberikan pendidikan secara nonformal kepada setiap anak.

“Karena kita tidak tahu semakin ketatnya persaingan kerja ditengah masyarakat, generasi muda atau anak- anak kita jangan hanya menjadi penonton saja di tanah kelahirannya, selain mengharapkan pendidikan secara formal pada jenjang sekolah kita juga memiliki peran dalam memberikan pengawasan dan pendidikan secara mandiri kepada anak,” kata politikus PKB ini,

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Terlebih lagi saat ini, SDM menjadi landasan penting ditengah semakin majunya teknologi serta persaingan kerja kedepannya. Oleh karena itu, di samping dengan memberikan pendidikan secara baik pada jenjang sekolah anak sehingga apa yang menjadi kriteria anak dapat diberikan oleh setiap orang tua semaksimal mungkin, ujarnya.

“Sekolah merupakan tempat terbaik anak untuk berinteraksi, di sekolah pula anak memasuki masa peralihan, dalam kemampuan siswa untuk memilah pergaulan antara yang baik dengan yang buruk dipengaruhi oleh keluarganya, dan bagaimana posisinya juga sifat anggota keluarganya,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

Menurut Rahmanto, Orang tua dituntut agar dapat membatasi jam bermain anak. Pasalnya ditengah pandemi saat ini kegiatan sekolah sempat dilakukan dengan cara dalam jaringan (Daring) dan tentu materi-materi pelajaran terus diberikan sehingga kurangnya komunikasi dan sosialisasi kepada anak diberikan.

“Dalam era globalisasi ini, informasi amat sangat mudah didapat, baik maupun buruk. Yang terpenting adalah bagaimana sekolah menjaga anak agar tak mengikuti hal-hal yang berbau negatif,” tutupnya. (Lulus/beritasampit.co.id).