TMMD Efektif Bantu Percepatan Pembangunan Desa Terpencil

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Parningotan Lumban Gaol.

SAMPIT – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah, Parningotan Lumban Gaol menilai, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sangat efektif dalam membantu percepatan pembangunan desa terpencil dan terisolasi.

Dia mencontohkan, TMMD Reguler ke-109 yang dilaksanakan di Kecamatan Pulau Hanaut pada 22 September hingga 21 Oktober 2020, dinilai sangat tepat karena kecamatan ini wilayahnya masih terisolasi jalan darat sehingga membutuhkan bantuan peningkatan infrastruktur.

“TMMD ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat dan daerah. Saya mendukung TMMD dilaksanakan berkelanjutan dan diperluas karena lebih efektif membantu mempercepat pembangunan di desa-desa terpencil dan terisolasi,” kata Lumban Gaol, melalui keterangan yang diterima, Rabu 28 Oktober 2020.

BACA JUGA:   Material Datang, Pengerjaan Pos Terpadu Dilanjutkan

Menurutnya, pembangunan di desa terpencil, apalagi terisolasi, membutuhkan biaya besar karena material harus diangkut menggunakan jalur sungai. Dampaknya, biayanya menjadi tinggi, sementara anggaran daerah cukup terbatas.

Selain itu, tidak banyak tekanan yang tertarik melaksanakan proyek fisik karena medannya yang sulit. Hal inilah yang selama ini menjadi kendala pembangunan desa-desa terpencil dan terisolasi.

Namun dengan TMMD oleh TNI, kendala itu bisa diatasi. Biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur melalui TMMD juga tidak sebesar jika dilakukan oleh rekanan karena TMMD dilaksanakan dengan sistem gotong-royong oleh TNI dan masyarakat.

TNI dengan tulus dan komitmen tinggi membantu masyarakat di desa-desa terpencil dan terisolasi, khususnya melalui TMMD. Mereka melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh meski medannya sangat sulit sehingga hasilnya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Sasaran Fisik Sudah Hampir Semua Rampung

Dari segi kualitas, infrastruktur hasil TMMD juga tidak kalah bagus karena TNI sudah terbiasa dalam hal membantu pembangunan infrastruktur untuk masyarakat. Mereka melaksanakannya sungguh-sungguh dengan mengedepankan manfaat untuk masyarakat, bukan orientasi keuntungan.

“Makanya kami sangat mendukung dan berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan TMMD Reguler ke-109 ini karena membawa manfaat besar bagi masyarakat. Mudah-mudahan ini bisa dilakukan berkelanjutan,” pungkas Lumban Gaol.

TMMD Reguler ke-109 dilaksanakan di Desa Bapinang Hilir, Babirah dan Bapinang Hulu. Sasaran fisik kegiatan yaitu perbaikan tiga jembatan dan satu musala serta pembangunan pos terpadu. (Rls/beritasampit.co.id).