Bupati Seruyan Terima Kunjungan Danlanal Banjarmasin

AHMAD/BERITA SAMPIT - Bupati Seruyan Yulhaidir (kiri) dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto saat penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak. Kamis 5 November 2020.

KUALA PEMBUANG – Bupati Seruyan, Yulhaidir menerima kunjungan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto beserta jajarannya di rumah jabatan Bupati kabupaten setempat. Kamis 5 November 2020 siang.

Yulhaidir selaku pimpinan daerah tentu menyambutkan baik kunjungan dari Danlanal Banjarmasin tersebut mengingat hal tersebut merupakan yang pertama kalinya sehingga menjadi kebanggaan tersendiri.

Menurut Yulhaidir, dengan adanya kunjungan tersebut diharapkan hubungan atau sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan dengan TNI khususnya Angkatan Laut (AL) bisa terus terjalin baik.

“Saya sangat senang sekali dengan adanya kunjungan ini, kita apresiasi dan sambut baik, semoga ini bisa menjadi ajang bagi kita untuk meningkatkan sinergitas sekaligus silaturahmi,” katanya di Kuala Pembuang.

Sementara itu, Wakil Bupati Seruyan Iswanti menyambut langsung kedatangan Danlanal Banjarmasin yang berlabuh pertama kali di Pos TNI AL Samuda, Kabupaten Kotawaringin Timur.

BACA JUGA:   TNI Bantu Mobil Terjebak Lumpur di Jalan Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama

“Saya menyambut langsung di sini karena saya masih ada kegiatan di luar daerah sehingga tidak bisa menemani hingga ke Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan,” katanya.

Berkenaan dengan hal itu, dirinya berterima kasih dan menyambut baik kedatangan Danlanal Banjarmasin di dua Pos TNI AL yakni di Samuda dan Kuala Pembuang tersebut.

Menurutnya, selama ini peran TNI AL khususnya di Kuala Pembuang sangat penting sekali mengingat wilayah tersebut sebagian besar terdiri dari daerah pesisir. Sehingga mereka sangat berperan besar dalam menjaga kondusifitas wilayah perairan Seruyan.

Selain itu, disituasi pandemi Covid-19 seperti saat ini TNI AL juga mempunyai peranan penting dalam upaya penekanan angka kasus Covid-19 di wilayah setempat.

BACA JUGA:   Plt Gubernur Kalteng Disambut Meriah di Kabupaten Dompu

“Karena kita itu ada di wilayah pesisir, jadi tidak heran banyak kapal-kapal baik itu nelayan dan lain sebagainya entah itu masyarakat lokal terlebih yang dari pulau Kalimantan, sehingga mereka berperan untuk melakukan sterilisasi sebelum kapal-kapal tersebut berlabuh,” ungkapnya.

Terpisah, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto mengatakan, kedatangannya di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hatantiring dalam rangka silaturahmi dan melihat kesiapsiagaan prajuritnya.

“Kunjungan saya kali ini selain bersilaturahmi kami juga ingin melihat kesiapan siagaan seluruh prajurit pengawal AL yang bertugas, selain itu, saya juga ingin melihat langsung kehidupan prajurit yang bertugas di daerah,” katanya di Kuala Pembuang. (ASY)