Program Bangga Kencana dan Penurunan Angka Stunting Harus Mempunyai Tiga Indikator

SOSIALISASI : IST/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat membuka secara resmi kegiatan sosialisasi program dukungan manajemen, di halaman Kantor Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Senin 9 November 2020.

KASONGAN – Program Bangga Kencana serta Program dan Penurunan Angka Stunting diharapkan dapat terlaksana pada seluruh desa dan kecamatan di Kabupaten Katingan. Program ini harus mempunyai tiga indikator utama pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yakni Pendidikan, Kesehatan dan Daya Beli atau Ekonomi terutama pada masa pandemi Covid-19.

Bupati Katingan Sakariyas, saat membuka secara resmi kegiatan sosialisasi program dukungan manajemen bersama mitra kerja perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2020, di halaman Kantor Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, pada Senin, 9 November 2020, mengatakan, bahwa hal tersebut harus menjadi pijakan yang akan memberikan kontribusi besar terdapat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Katingan.

Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini, menyampaikan, bahwa Kabupaten Katingan sampai saat ini sudah membentuk sebanyak 27 kampung Keluarga Berencana (KB) atau disebutkan juga kampung berkualitas.

BACA JUGA:   Waket I DPRD Katingan Berharap Pencoblosan Berjalan Lancar dan Kondunsif

Pembentukan kampung atau desa tersebut bertujuan guna peningkatan kualitas hidup masyarakat untuk mempercepat pembangunan keluarga. Dimana dalam penerapannya mengunakan delapan fungsi keluarga yaitu, fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, pendidikan, ekonomi, dan pelestarian lingkungan.

Sehingga, dalam upaya peningkatan ketahanan keluarga diperlukan dukungan dari seluruh komponen masyarakat, para camat, lurah/kepala desa bersama ketua TP-PKK dari Tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai tingkat Kelurahan/Desa.

“Kemudian, Para Penyuluh KB dan Kepala Pukesmas, serta Aparat Kampung, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat terlibat bersama – sama berkomitmen mensuksekan Program Bangga Bencana serta Tagline yang semula adalah Dua Anak Cukup. Dan Kemudian, berubah menjadi Dua Anak Lebih Sehat dan Berencana Itu Keren” untuk generasi milenial agar mudah diterima dan diwujudkan dalam kehidupan masyarakat,” terang Sakariyas.

BACA JUGA:   Banjir Kalsel, MTS-N 2 Katingan Buka Posko Peduli

Menurutnya, apa yang dilaksanakan ini sudah sejalan dengan Visi Kabupaten Katingan, yaitu Katingan Bermartabat untuk Mewujudkan Masyarakat yang sejahtera. Terutama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan derajat Kesehatan serta Keluarga Berencana dan Kesetaraan Gender.

“Sekali lagi saya berharap dengan adanya Kegiatan penguatan program Bangga Kencana ini bisa menambah semangat, loyalitas, dedikasi, disiplin dan profesionalisme penyuluh KB dalam mengelola program Bangga Kencana,” pungkasnya. (Annas/beritasampit.co.id).