Dukung Program PHBS, AMC Beri Bantuan Sarana Air Bersih Untuk 5 Desa di Mura 

SERAH TERIMA : IST/BERITA SAMPIT - External Relation Departement Head AMC, Ignatius Iryanto saat menyerahkan secara simbolis DAM/Bendungan air bersih kepada 5 Kepala Desa.

PURUK CAHU – Adaro Metcoal Companies (AMC) merupakan perusahaan besar swasta (PBS) yang bergerak di bidang pertambangan batu bara di wilayah Kecamatan Laung Tuhup dan Kecematan Barito Tuhup Raya (Batura) terus memberikan perhatian kepada masyarakat melalui program CSR.

Telah diketahui, selain bantuan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 khususnya bagi Kabupaten Murung Raya (Mura), kali ini AMC juga memberikan bantuan sarana air bersih berupa fasilitas DAM/Bendungan serta pipanisasi guna mengaliri air untuk masyarakat di 5 Desa, yakni Desa Batu Tojah, Tumbang Bauh, Tumbang Masalo, Liang Nyaling dan Hingan Tokung.

External Relation Departement Head AMC, Ignatius Iryanto mengatakan, fasilitas air bersih ini merupakan program AMC dalam penguatan di bidang kesehatan serta salah satu upaya dalam mendukung program pemerintah dalam penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Program ini dijalankan setelah dilakukan survei lapangan dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat setempat. Pada awalnya sarana air bersih ini ditujukan untuk 2 Desa, namun dalam perjalanannya, jumlah sasarannya ditambah 3 Desa sehingga menjadi 5 Desa sasaran. Hal ini dilakukan dengan salah satu strategy yakni dengan membuat bendungan baru dan merevitalisasi pompa hidram sehingga debit air di bendungan mampu menggerakkan tiga pompa sekaligus serta mengalirkan air ke 5 Desa tersebut,” ungkapnya, Selasa 1 Desember 2020.

BACA JUGA:   Natal di Tengah Pandemi, Tak Ada Open House di Murung Raya

Dikatakannya lagi, pembangunan sarana air bersih ini, terdiri dari dua pekerjaan, yaitu pertama pekerjaan revitaliasi terdiri atas perbaikan pompa hidram, serta perbaikan jalur pipa lama di 2 desa, Batu Tojah dan Tumbang Bauh. Sedangkan yang kedua pekerjaan pembangunan baru terdiri atas pembangunan bendungan di Desa Batu Tojah, pemasangan jaringan pipa baru dan tandon di 3 desa, Tumbang Masalo, Liang Nyaling dan Hingan Tokung.

“Pekerjaan ini mulai dilaksanakan pada penghujung tahun 2019 dan baru diserah terimakan pada 30 November 2020, dikarenakan banyak tantangan yang dihadapi, baik karena medan yang relatif berat serta panjang jaringan pipa utama dari Sungai Uwuh hingga Desa Hingan Tokung mencapai 13,5 km. Setelah dengan berbagai upaya dalam mengelola teknis pengaliran air di jaringan pipa utama, air dapat mengalir di setiap titik komunal desa-desa tersebut,” jelas Ignatius Iryanto.

Ditambahkan Ignatius, pentingnya kerjasama lima desa tersebut untuk menjamin keberlanjutan suplai air dengan merawat dan memelihara fasilitas air bersih ini secara kolaboratif. Tentu hal ini memerlukan semangat kebersamaan, untuk menghindari egoisme desa maupun egoisme pribadi dengan harapan agar air bersih dapat dinikmati oleh seluruh warga masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Camat Batura, Indah Pariannoor, S.Sos menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak AMC karena sudah membantu kebutuhan air bersih yang memang sangat bermanfaat bagi masyarakat di wilayahnya. Ia juga berpesan kepada para kepala desa bahwa sarana air bersih yang sudah tersedia ini agar dapat dikelola dengan baik.

BACA JUGA:   Bupati Murung Raya Buka Diklat Terpadu Dasar Ansor Banser Angkatan I

“Kedepannya perlu dibuatkan Peraturan Desa (Perdes) sebagai payung hukum pengelolaan air bersih serta perlunya dibuatkan Dana Sharing antar desa. Selain itu berkaitan dengan hal-hal teknis yang masih belum terselesaikan agar diselesaikan oleh 5 desa secara bersama-sama dengan prinsip kolaboratif dan meminta pihak AMC tetap melakukan pendampingan secara teknis,” terangnya.

Kemudian, dilanjutkan dengan acara serah terima ini dilakukan langsung kepada Kepala Desa masing-masing serta disaksikan pula oleh unsur Muspika Kecamatan Batura yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Camat Batura, Indah Pariannoor, S.Sos serta pihak Babinsa dan Bhabinkantibmas sebagai perwakilan dari Koramil dan Pospol Batura serta kepala-kepala desa setempat.

Setelah dilakukan penandatanganan berita acara serah terima sarana air bersih, kepala desa, unsur Muspika dan perwakilan dari AMC melakukan kunjungan langsung ke bendungan dan tandon utama yang berada di Sungai Uwuh serta tandon 8 dan tandon 6 sebagai tandon pembagian air yang berada di Desa Batu Tojah. (Lulus/beritasampit.co.id).