Desa Tewang Kampung Kembangkan Destinasi Wisata Pulau Langka Puri

KAWIT/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang didamping Kepala Desa Tewang Kampung Yandi saat akan melakukan mengukuhkan Pokdarwis Guru Langit.

KASONGAN – Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, melaksanakan kegiatan pengukuhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) “Guru Langit” yang dibentuk oleh masyarakat Desa Tewang Kampung, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, pada Rabu 2 Desember 2020.

Maksud dibentuknya Pokdarwis Guru Langit tersebut, untuk mengembangkan potensi yang memiliki panorama yang menawan dengan varietas hayati yang beragam yang sangat menarik untuk di ekplore.

Salah satunya, yaitu Pulau Langka Puri yang terletak di tengah-tengah aliran sungai Katingan dengan luas kurang lebih 17 Hektare tepatnya di Desa Tewang Kampung, Kecamatan Mendawai.

Dalam kesempatan itu. Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, mengatakan Pemerintah daerah menyambut baik atas pengukuhan Pokdarwis Guru Langit.

Pasalnya, keberadaan objek wisata di Kabupaten Katingan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas dan dapat menjadi saya tarik bagi wisatawan sebagai salah satu daerah wisata unggulan di masa yagg akan datang.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Upayakan Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Kesejahateraan Masyarakat untuk Kemajuan Ekonomi Daerah

“Kepada Kepala Desa. Saya berharap bisa mendukung keberadaan Pokdarwis ini melalui dana desa/Anggaran Dana Desa yang bisa dialokasikan pada pengembangan potensi di Desa. Pembentukan Pokdarwis Guru Langit ini merupakan wujud antusiasme dan peran serta masyarakat di desa Tewang Kampung untuk megembangkan daya tarik wisata yang dimiliknya,” jelas Sunardi.

Kawit/BERITA SAMPIT – Kepala Desa Tewang Kampung Yandi beserta Ibu PKK Siti Zubaidah foto bersama dengan Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang.

Sehingga, menurutnya bahwa dengan berkembangnya sebuah daya tarik wisata tidak terlepas dari peranan pemerintah, stakeholder dan khususnya masyarakat. Dan diharapakan dapat menjadi wadah pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat sekitar dalam mengatur segala bentuk kegiatan perekonomian mereka di Industri Pariwisata.

“Kita harapkan juga agar Pokdarwis ini merupakan motivasi dan daya saing yang tidak kalah dengan daerah lain yang telah maju, baik dari sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Tidak hanya itu, Pokdarwis ini nantinya agar senantiasa aktif berkoordinasi dengan pemerintah yang menangani kepariwisataan terutama Disbudparpora Katingan,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan dapat Respon Baik dari KLHK Usai Koordinasi Terkait Penggunaan Kawasan Hutan

Terpisah, Kepala Desa Tewang Kampung Yandi mengatakan keinginan pihaknya menggali potensi desa menjadi destinasi wisata diharapkan mendapat respon positif dari semua pihak.

“Kami mohon do’a dan dukungannya agar keinginan kami menjadi salah satu Desa destinasi bisa terwujud, selain itu keinginan kami mengembalikan Desa Tewang Kampung bangkit disektor pertanian,” ungkap Yandi.

IST/BERITASAMPIT – Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, saat mengukuhkan Pokdarwis Guru Langit, di Desa Tewang Kampung, Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan.

Selain pengukuhan Pokdarwis, Pemerintah desa Tewang Kampung juga memberikan penghargaan kepada tiga perusahaan yang ada disekitar desa tersebut.

“Penghargaan ini merupakan bentuk terimakasih kepada Pihak PT PEAK, RMU, dan Dwimajaya yang ikut membantu proses pembangunan desa selama ini, Semoga sinergitas ini terus terbangun,”harapnya.

Perlu diketahui, turut hadir mendampingi Wakil Bupati Sunardi N.T Litang saat pengukuhan Pokdarwis Guru Langit yaitu dari Disbudparpora Katingan, Camat Mendawai, Kapolsek Mendawai, Koramil, Kepala Desa, anggota Pokdarwis Guru Langit dan tamu undangan yang hadir.

(Annas/beritasampit.co.id)