Pejarai SiRekap, 1.284 KPPS se Jekan Raya Dibimtek

BIMTEK - Suasana Bimtek SiRekap oleh PPK Jekan Raya

PALANGKA RAYA – Sebanyak 1.284 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se Kecamatan Jekan Raya mengikuti Bimbibingan Teknis (Bimtek), Senin 1 Desember 2020 di Kota Palangka Raya. Bimtek tersebut dilakukan dalam rangka menghadapi hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua Panitai Pemiliha Kecamatan (PPK) Jekan Raya, Siswanto kepada awak media mengatakan bahwa Bimtek tersebut untuk memastikan semua KPPS menguasai teknis pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya.

Apalagi dalam Pilkada tahun 2020 ini rekap suara akan dilakukan secara manual dan online dengan menggunakan aplikasi SiRekap. “Tahun ini ada yang berbeda, karena rekap suara tidak hanya manual tapi akan dibecup dengan aplikasi,” kata Siswanto.

BACA JUGA:   Mutahirkan Data Pemilih, KPU Kotim Buka Kotak Suara

Untuk itu kata Siswanto, KPPS untuk Pilkada kali ini juga dituntut melek teknologi. “Karena penggunaan aplikasi SiRekap ini, maka anggota KPPS dituntut menguasai teknologi,” katanya.

Lebih lanjut Siswanto mengatakan bahwa, dalam pelaksanaan Bimtek kali ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. “Kita lakukan secara bertahap karena penerapan protokol kesehatan,” jelasnya.

“Kita lakukan secara bertahap sesuai dengan protokol kesehatan karena jumlahnya yang cukup banyak. Jumlah KPPS yang ikut masing-masing 4 orang tiap TPS, dengan jumla 321 TPS di Kecamatan Jekan Raya. Rencananya Bimtek akan berakhir pada Jumat, 4 Desember 2020,” jelasnya.

BACA JUGA:   Mutahirkan Data Pemilih, KPU Kotim Buka Kotak Suara

Pada intinya kata Siswanto, pelaksanaan pemungutan suara nantinya juga akan mengedepankan protokol kesehatan. “Salah satu materi bimtek ini adalah penerapan protokol kesehatan di TPS nantinya,” tutupnya. (rls)