Pemerintah Pusat Monitor Kegiatan Food Estate di Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Hari Nur Cahya Murni.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri mendampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Hari Nur Cahya Murni, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, Sabtu 5 Desember 2020, dalam rangka monitoring kegiatan Food Estate di Kalteng.

Setibanya di lokasi Food Estate dan jaringan irigasi Desa Bentuk Jaya, Blok A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, rombongan disambut Sekda Kabupaten Kapuas Septedy dan jajarannya. Selanjutnya, rombongan melakukan peninjauan lokasi.

Selepas meninjau lokasi Food Estate dan jaringan irigasi Desa Bentuk Jaya, Blok A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, rombongan menuju lokasi Food Estate CoE (Center of Excellence) di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

BACA JUGA:   Polresta Palangka Raya Berhasil Amankan 23 Barang Bukti dari Delapan Tersangka Curanmor

Luas kawasan CoE di Desa Belanti Siam sendiri mencapai 1.025 hektare (Ha) yang terletak di REI 5-29, dengan 538 rumah tangga petani di dalamnya. Beberapa teknologi diaplikasikan di kawasan CoE, seperti teknologi pengelolaan air, perbaikan kualitas air, dan pemanfaatan air di lahan pasang surut untuk usaha tani padi unggul dan hortikultura, baik sayuran maupun buah-buahan, termasuk untuk budidaya ikan dan perkebunan.

“Hasil dari kunjungan kerja kali ini nantinya akan langsung dilaporkan kepada pimpinan di tingkat Pusat. Nanti kita langsung (menyampaikan laporan) ke pimpinan saja,” kata Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Hari Nur Cahya Murni.

Tampak dalam rombongan Dirjen Bangda Kemendagri, antara lain Direktur Perencanaan, Evaluasi, dan Informasi Pembangunan Daerah, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah I, Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Bangda, serta beberapa staf Kemendagri.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

Sementara itu, mendampingi Sekda Kalteng dalam kunjungan kerja kali ini, antara lain Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng Sunarti, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng Syamsuddin, Plt. Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kalteng Said Salim, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Esok hari, Minggu 6 Desember 2020 rombongan Dirjen Bangda Kemendagri, didampingi Sekda Kalteng dijadwalkan berkunjung ke kawasan Tugu Soekarno Palangka Raya. Rombongan juga dijadwalkan mengunjungi Central Borneo Souvenir Dekranasda Provinsi Kalteng di Jalan Imam Bonjol Nomor 17 Palangka Raya serta Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) Kalteng. (Hardi/beritasampit.co.id).