Warga Minta Objek Wisata Turan Amis Awal Tahun Dibuka

IST/BERITA SAMPIT - Destinasi wisata wahana air menggunakan perahu karet

TAMIYANG LAYANG – Di tengah pandemi Covid-19 usah sektor wisata menjadi salah satu sektor yang sangat terdampak. Pasalnya, objek wisata yang sebelumnya menjadi sentral liburan dan refreshing bagi para pekerja dan orang tua yang ingin mengajak keluarga liburan terpaksa harus menahan diri.

Kendati demikian, pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan untuk membuka objek wisata yang telah memenuhi standar protokol kesehatan. Sayangnya ada beberapa distinasi wisata yang masih belum terbuka dan menjadi aset dan mata pencarian warga.

Seperti distinasi wisata alami DAM Turan Amis yang terletak di desa Turan Amis kecamatan Raren Batuah kabupaten Barito Timur provinsi Kalimanatan Tengah dengan luas sekitar 20 Hektar sepanjang aliran sungai Tarinsing dan sungai Turan Amis dan Pengelolannya merupakan anggota Bumdes bersama warga setempat sekitar 35 orang.

BACA JUGA:   Kembali Pimpin PKPI Bartim, Arianto Tetap Fokus Kerjakan Program Meski Pandemi Covid-19

Ketua Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes Leonardus berharap pemerintah membuka kembali objek wisata tersebut diawal Januari 2021.

“Kami berharap DAM Wisata Turan Amis bisa aktif kembali untuk di kunjungi,’ ujarnya saat di temui berita sampit.co.id, Senin 21 Desember 2020 di Tamiang Layang.

Leonardus mengungkapkan selama pendemi wabah covid-19 objek wisata DAM Turun Amis terpaksa ditutup sementara akibatnya mata pencarian warga di sektor wisata tersebut juga harus terhenti.

Destinasi wisata DAM Turan Amis menyodorkan area santai bagi keluarga yang ber-nuansa alami dan wisata wahana air berupa perahu karet dan sepeda air yang sangat indah dinikmati di kala matahari terbit atau sunrise dan terbenam atau sunset.

BACA JUGA:   Tim Kecamatan Dusun Timur Laksanakan Monev di Desa Haringen

“Bahkan kedepan kita berencana untuk kembangkan wahana wisata berupa taman alami dan area Camping serta Flying Fox bagi pengunjung pecinta wisata alami di lokasi,” katanya

Lanjutnya lagi, saat ini lokasi destinasi wisata DAM Turan Amis sangat mudah di lalui dari jalan raya trans kalimantan (Ampah – Muara Teweh) langsung menuju area lokasi wisata hanya 1,5 KM dan sudah beraspal sehingga mudah di lalui kendaraan roda empat.

“Kembali lagi kami meminta agar di awal januari 2021 destinasi wisata DAM Turan Amis bisa diaktifkan kembali tentunya dengan wajib menjalankan Protokol Kesehatan Covid-19, sehingga bisa Aman, nyaman dan sehat untuk dinikmati para pecinta destinasi wisata alam DAM Turan Amis,” harap Leo.

(Udek/Beritasampit.co.id)