Disparbudpora Kota Palangka Raya Gelar Ritual Mamapas Lewu

Hardi/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Palangka Raya Ikhwanudin saat menyapaikan laporan kegiatan di Betang Hapakat Jalan RTA Milono

PALANGKA RAYA – Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Palangka Raya, menggelar acara Mamapas Lewu yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palangka Raya dan Majelis Daerah agama Hindu Kaharingan. Rabu 30 Desember 2020.

Dalam sambutannya Laporannya Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Palangka Raya Ikhwanudin mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ritual Mamapas Lewu Kota Palangka Raya tahun 2020 adalah dalam rangka melestarikan adat dan mempertahankan nilai-nilai budaya di tengah perkembangan dan kemajuan teknologi di era globalisasi sekarang ini.

BACA JUGA:   Wali Kota Palangka Raya Lepas Rombongan Bantuan Untuk Korban Banjir Kalsel

Selain untuk memulihkan keseimbangan hubungan antara manusia dan Tuhan serta manusia dengan alam sekitar agar terhindar dari marabahaya dan bencana.

Ikhwanudin menambahkan terkait pelaksanaannya kegiatan ritual mamapas Lewu Kota Palangka Raya tahun 2020 ini dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 30 Desember sampai dengan 31 Desember 2020 bertempat di Betang Hapakat Jalan RTA Milono.

BACA JUGA:   Banjir di Kalsel, PWI Kalteng Kumpulkan Donasi

Untuk kegiatan ritual mamapas Lewu Kota Palangka Raya tahun 2020 ini didukung oleh Majelis Daerah agama Hindu Kaharingan Kota Palangka Raya.

Ikhwanudin menjelaskan pelaksanaan kegiatan ritual mamapas Lewu Kota Palangka Raya Tahun 2020 ini bersumber dari dokumen pelaksanaan perubahan Anggaran (DPPA-SOPD) Dinas Pariwisata kebudayaan kepemudaan dan Olahraga Kota Palangkaraya anggaran 2020.

(Hardi/Beritasampit.co.id)