Kotawaringin Barat Tunggu Jadwal Vaksinasi

Ist/BERITA SAMPIT – Rody Iskandar

PANGKALAN BUN – Kotawaringin Barat salah satu kabupaten yang telah menerima Vaksin Covid-19, kini Vaksin tersebut disimpan di Kantor Dinas Kesehatan sebanyak 1.200 sedangkan untuk penggunaannya masih menunggu jadwal.

Hal ini diungkapkan langsung Juru Bicara Tim Vaksinasi Kabupaten Kobar, Rody Iskandar menurutnya pengiriman vaksin dari Palangka Raya yang dikawal aparat TNI-POLRI ke Kabupaten Kobar berjalan lancar. Selasa, 12 Januari 2021.

“Dari surat kementerian kesehatan yang kita terima, jadwal vaksinasi untuk kabupaten Kotawaringin Barat akan dijadwalkan di bulan Februari 2021, dan penggunaan vaksin pertama sesuai intruksi pemeritah pusat penerima vaksin yaitu para tenaga medis dan tenaga pendukungnya.”, ujar Rody.

BACA JUGA:   Bandel Eks Napi Narkoba, Tak Kapok Masuk Penjara Lagi

Dijelaskan Rody, pada prinsipnya pemerintah kabupaten Kotawaringin Barat telah siap dalam melaksanakan vaksinasi dan terus menunggu intruksi dari pemerintah pusat terkait pelaksanaannya.

“Dan yang paling utama, dengan kedatangan vaksin menjadi harapan baru bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Kobar, yakni akan terhindar dari penyebaran virus corona alias Covid-19,” ungkap Rody.

Rodi Iskandar juga sedikit mengutip pernyataan juru bicara Penanganan Covid-19 pusat, dr Reisa Broto Asmoro yang mengatakan bahwa vaksin berfungsi untuk melawan virus yang masuk dengan merangsang sistem kekebalan tubuh dengan antigen.

BACA JUGA:   Pertanian Menempati Posisi Sentral, Bupati : Kita Dukung dan Optimalkan

Vaksin merupakan sebuah bahan antigenik yang mampu membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Lebih jauh, vaksin tidak hanya berfungsi untuk melindungi diri sendiri, tapi juga untuk melindungi orang-orang sekitar.

Ketika kebanyakan orang dalam suatu komunitas divaksinasi untuk melawan suatu penyakit, kemampuan patogen untuk menyebar menjadi terbatas. Ini disebut kekebalan kelompok.

(man/beritasampit.co.id).