SP Lomban Gaol: Kabupaten Kotawaringin Utara Lebih Siap Dibanding Provinsi Kotawaringin

IM/BERITASAMPIT - , Sihol Parningotan Lomban Gaol.

SAMPIT – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Sihol Parningotan Lomban Gaol mendukung wacana pemekaran daerah, terutama pemekaran Kabupaten Kotawaringin Utara (Kotara). Bahkan ia menilai Pemekaran kabupaten Kotara Utara lebih siap dibandingkan pemekaran provinsi Kotawaringin.

Menurutnya pemekaran Kotawaringin Utara merupakan keinginan masyarakat supaya pemerataan pembangunan bisa terjadi di Kotim ini. Sebab selama ini, pemerintah daerah kesulitan untuk membangun infrastruktur di wilayah utara tersebut, karena lokasi yang sangat jauh.

BACA JUGA:   Polisi Masih Kejar Mobil Pelaku Tabrak Lari Bocah, Satu Dirujuk ke Palangka Raya

“Seharusnya yang dimekarkan itu kabupaten dulu baru provinsi, maka dari itu akan terjadi percepatan pembangunan di daerah terpencil,” ucapnya. Rabu 20 Januari 2021.

Lebih lanjut, Politisi Demokrat ini juga menyebutkan bahwa dirinya kurang sependapat dalam waktu dekat akan dilakukan pemekaran Provinsi Kotawaringin yang mengambil posisi di Kabupaten Seruyan tepatnya di Kecamatan Hanau.

“Kalau ditanya setuju atau tidak, yang jelas saya belum sependapat. Alasannya dengan kondisi negara saat ini alangkah baiknya yang perlu dimekarkan itu yakni kabupaten dulu baru ke provinsi, yah ibaratnya jangan langsung bicara yang besar kita bicara kecil-kecil dulu lah,” bebernya.

BACA JUGA:   BPOM Sidak Sejumlah Minimarket di Sampit Hasilnya Semakin Membaik

Gaol menilai wacana pemekaran provinsi baru di Kalimantan Tengah menurutnya masih terlalu dipaksakan jika dilihat dari segi jumlah penduduk.

“Kalau dipaksakan untuk dimekarkan malah akan memperburuk kemajuan Kalimantan Tengah. Dan yang jelas beratnya akan ada beban keuangan daerah,” tambahnya.

(im/beritasampit.co.id).