Wujudkan Swasembada Daging, Pemkab Bisa Programkan Integrasi Sawit dan Sapi 

IM/BERITASAMPIT - Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Juliansyah.

SAMPIT – Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Juliansyah angkat suara berkaitan dengan program integrasi antara kelapa sawit dan ternak sapi yang bisa mendorong pencapaian swasembada daging sapi.

Dia mendukung dan mendorong agar program integrasi antara sawit dan sapi di Kotim hendaknya diterapkan, tujuannya demi menuju capaian swasembada daging yang digaungkan sejak lama oleh Pemerintah Kabupaten Kotim.

“Harus ada upaya dalam meningkatkan mutu dan kualitas dari program kerja itu sendiri,” katanya Kamis 21 Januari 2021.

Apabila melihat dari sisi indikator kelapa sawit di Kotim saat ini, menurutnya, akan sangat memungkinkan program tersebut bisa terlaksana dengan baik. Potensi terintegrasi ini jarang dimanfaatkan secara maksimal oleh jajaran instansi terkait yang sudah menjadi kepanjangan tangan pemerintah.

BACA JUGA:   Angkutan Berat Dilarang Masuk Jalur Kota Sampit

“Kalau berbicara potensi, potensinya sangat besar. Terutama dari segi penyediaan pakan murah dan mudah berupa pelepah daun dan dahan kelapa sawit, limbah bungkil sawit dan solid yang dapat didayagunakan menjadi pakan. Hal semacam ini banyak yang sudah dicontohkan di tingkat desa melalui kelompok tani yang ada di daerah ini,” tegasnya.

BACA JUGA:   Dewan Sarankan Pemerintah Turun Lapangan Cek Lahan Sengketa Masyarakat Desa Sumber Makmur dengan PT. BSK 

Kata Juliansyah, integrasi pengelolaan perkebunan kelapa sawit bisa saja disinergikan terhadap peternakan sapi, yang mana membutuhkan pakan secara rutin. Bahkan dari segi peternakan sapi membutuhkan pakan, solusi dalam mengatasi permasalahan pasokan pakan berkualitas dari pelepah sawit sudah sangat jadi pilihan.

“Daerah kita ini memang industri kelapa sawitnya jalan tentu sangat memudahkan kita dalam mencari bahan pakan sapi, dan juga akan memudahkan daerah dalam mengelola bibit sekaligus pupuk nanti kedepannya untuk itu kami mendorong hal ini digalakkan,” tutup legislator partai Gerindra ini. (im/beritasampit.co.id).