Desa Lopus Lamandau Kini Punya Spot Flying Fox, Berani Coba?

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana saat mencoba wahana Flaying Fox di Desa Lopus, Kecamatan Delang.

NANGA BULIK – Pemerintah Kabupaten Lamandau terus berupaya untuk memajukan destinasi wisata alam yang dimiliki daerah berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini. Wahana flying fox pun dibangun di Desa Lopus, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau untuk memikat para wisatawan.

Diketahui, Kecamatan Delang sebagai wilayah pariwisata alam, selain menyajikan keindahan alam, Kecamatan Delang juga memiliki destinasi wisata tradisi budaya kearifan lokal.

Flying fox sepanjang 80 meter itu membentang di atas Sungai Delang. Tak kurang dari 13 detik, merasakan sensasi berseluncur di atas sungai yang memiliki ketinggian hampir 10 meter dari air sungai. Sedangkan tempat pemberhentiannya, memiliki ketinggian sekira 7 meter dari air sungai. Di wahana Flying fox tersebut terdapat rumah pohon di kedua bahu sungai sebagai tempat memulai dan tempat pemberhentiannya.

BACA JUGA:   Desa Mekar Mulya Raih Sertifikasi RSPO

Bupati Lamandau H Hendra Lesmana juga mencoba wahana flaying fox tersebut secara bergantian dengan Sekretaris Daerah Lamandau Muhamad Irwansyah, Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Perkebunan Lamandau Tiryan Kuderon, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lamandau H Sunarto serta Kepala Dinas Pariwisata Lamandau Meigo ikut berseluncur di wahana Flying Fox itu, Jumat 29 Januari 2021 kemarin.

Menurut Hendra Lesmana, Delang ini memiliki keberkahan tersendiri, selain alam dan budaya yang terpelihara, para wisatawan dimudahkan dengan akses transportasi yang memadai menuju destinasi wisata ini.

BACA JUGA:   Pemkab Bersama Perusahaan Swasta Bahas Perbaikan Sejumlah Ruas Jalan di Lamandau

“Kita juga berharap agar para pemangku kebijakan di desa bisa lebih menggali potensi yang ada di desanya masing-masing, sehingga bisa didorong pembangunannya dengan menggunakan dana desa, jadi bisa lebih bermanfaat untuk memajukan desanya,” tutur Hendra.

Jika dikelola dengan baik, sektor wisata ini bisa menjadi pemasukan yang besar bagi daerah. Apalagi, Lamandau memiliki keindahan alam dan budaya yang khas yang tidak dimiliki wilayah lain.

“Tentu dari Pemerintah Daerah perlu bantuan dari semua pihak termasuk desa dan masyarakat untuk mengembangkan sektor pariwisata ini,” pintanya. (Andre/beritasampit.co.id).