Berita Sampit Berikan Pelatihan Jurnalistik Anggota Polairud Polda Kalteng

ARIFIN/BERITA SAMPIT - Nara sumber sedang memberikan materi teknik penulisan berita di Mako Ditpolairud Polda Kalteng.

SAMPIT – Sekitar 25 anggota Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Kalteng dan 4 anggota Brimob diberikan pelatihan jurnalistik. Tujuannya, untuk peningkatan kemampuan terutama dalam Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PID). Kegiatan dipusatkan di Mako Ditpolairud Polda Kalteng, Belanti, Kotim, Kalteng, 8-10 Februari 2021.

Menariknya, pelatihan jurnalistik itu Ditpolairud Polda Kalteng memberikan kesempatan kepada Berita Sampit agar berbagi pengetahuan. Sebagai nara sumber Pemimpin Redaksi (Pemred) Akhirudin didampingi Wakil Pemred Arifin.

BACA JUGA:   Komunikasi Cegah Konflik Sosial Dilaksanakan di Kodim 1015 Sampit

Ada beberapa materi yang disampaikan misalnya, pengenalan bahasa jurnalistik, tentang kode etik jurnalistik, teknik dan menulis berita.

Selanjutnya, praktik penulisan berita hingga bagaimana cara upload berita melalui website.

Salah satu materi yang disampaikan nara sumber mengenai informasi yang banyak beredar di Media Sosial (Medsos), seperti facebook dan instagram.
Menurut Akhirudin, informasi tersebut hendaknya dicek kebenaran.

“Kita ketahui bersama, informasi yang beredar di Medsos itu tidak 100 persen akurat bahkan terkadang kebanyakan hoaks,” ujarnya dihadapan peserta pelatihan, Rabu 10 Februari 2021.

BACA JUGA:   Kakek Tega Cabuli Bocah Tetangganya

Selain itu, Pemred beritasampit.co.id dan juga intimnews.com itu menyampaikan pentingnya menjunjung tinggi kode etik dan keakuratan data.

Akhirudin mencontohkan, berita anak perempuan dibawa lari pacar, setelah cek kebenaran informasi, ternyata anak perempuan itu selama 3 hari tidur ditempat temannya, bukan dibawa lari.

Suasana pelatihan berjalan rileks namun tetap fokus pada pemberian materi jurnalistik.

(ifin/beritasampit.co.id)