Penyaluran BST di Kantor Pos Kasongan Hingga Tahun 2021 Berjalan Lancar

ANNAS/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Kasongan, Ridha Rahmadani.

KASONGAN – Penyaluran atau pemberian dana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) kepada masyarakat miskin, maupun yang paling terdampak secara sosial, ekonomi akibat pandemi Covid-19 di PT Pos Indonesia Cabang Kasongan hingga tahap kedua tahun 2021 ini berjalan lancar dan tidak ada terkendala apapun.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Kasongan Ridha Rahmadani mengatakan, untuk penerima BST yang terdata di Kantor Pos Kasongan ada sebanyak 2.597 dan jumlah tersebut mencakup 5 kecamatan seperti Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan, Tasik Payawan, Kamipang, dan Katingan Hilir.

“Ada juga dibawahan kami dalam penyalurannya seperti di wilayah Kecamatan Katingan Tengah ada sebanyak 1.448 penerima BST, dan untuk Kecamatan Mendawai ada sebanyak 587. Khusus di Katingan Hilir saja ada berjumlah 1.483. Untuk syarat pencairan dana, cukup membawa fotokopy KTP, serta KTP asli penerima BST tersebut bagi yang sudah terdaftar dan tidak bisa diwakilkan. Karena untuk pengambilan sudah terjadwal,” jelas Ridha Rahmadani, kepada wartawan media siber beritasampit.co.id, Kamis 18 Februari 2021.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan dan Kejaksaan Negeri┬áTandatangani MoU di Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

Ridha Rahmadani menambahkan, bahwa sebelumnya untuk Katingan Hilir penyaluran BST sudah selesai dilakukan. Kemudian, untuk kecamatan yang jarak tempuhnya cukup jauh, maka dirinya bersama pegawai turun langsung ke kecamatan masing-masing agar bisa mendekati masyarakat untuk penyaluran dana BST dengan tepat sasaran, lancar dan aman.

Saat melaksanakan penyaluran BST kepada masyarakat, pihaknya juga selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 terutama disiplin menggunakan masker, dan apabila ada masyarakat yang tidak mengunakan masker tidak akan dilayani oleh petugas Kantor Pos.

BACA JUGA:   Bupati Katingan Ikuti Penandatanganan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

“Karena ini sudah ada peraturan Bupati terkait disiplin protokol kesehatan Covid-19.
Waktu kemaren saat pembayaran juga dari Satpol PP selalu memantau. Kita terakhir untuk empat kecamatan penyalurannya ke desa-desa di Kecamatan Kamipang tanggal 16 Februari 2021 semuanya sudah selesai kemaren. Apabila dibandingkan tahun sebelumnya, untuk tahun 2021 ini jumlah penerima dana BST ada penambahan hanya sedikit saja ,” ungkapnya.

Tahun 2021 ini penyaluran dana BST sampai bulan April, namun belum diketahui ada perpanjangan ataupun tidak. “Dan yang jelas sampai bulan empat nanti kita untuk membantu penyaluran dana BST sebagai tangan pemerintah selalu siap melayani,” pungkasnya. (Annas/beritasampit.co.id).