Kemendikbud Buka PPPK 2021, Disdik Kotim Usulkan 500 Guru Non PNS

TEKEN KONTRAK : DOK. ARIFIN/BERITA SAMPIT - Sejumlah guru honorer daerah teken kontrak Surat Perjanjian Kerja (SPK) di Aula Disdik Kotim, beberapa waktu lalu.

SAMPIT – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah membuka peluang bagi guru non PNS menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan target 1 juta guru untuk tahun 2021.

Untuk itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), telah mengusulkan sekitar 500 lebih guru.

“Disdik Kotim telah mengusulkan guru non PNS menjadi PPPK untuk jenjang SD sebanyak 312 guru dan 206 guru jenjang SMP,” ucap Kepala Disdik Kotim Suparmadi melalui Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Herman Yudianto saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 9 Maret 2021.

BACA JUGA:   Kakek Tega Cabuli Bocah Tetangganya

Dia membeberkan, guru non PNS di Kotim yang sudah diusulkan masuk di PPPK jumlahnya ribuan guru.

Rinciannya, kata dia, jenjang SD sebanyak 1.118 guru dan jenjang SD sebanyak 747 guru. Hanya saja, tegas Herman, semua akan tetap diusulkan tapi secara bertahap.

“Insya Allah, semua akan masuk karena target nasional 1 juta PPPK dan dilakukan bertahap mulai tahun ini dan dilanjutkan tahun berikutnya,” ujar Herman.

BACA JUGA:   Beasiswa Gerbang Mentaya Tuai Kritik Keras dari Kalangan Mahasiswa

Ditegaskannya, guru non PNS yang akan diusulkan menjadi PPPK hanya guru yang masuk di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) per Agustus 2020.

Pendaftaran ke PPPK, lanjut Herman, dilakukan mulai Maret dan April 2021 dan tes kompetensi dasar diperkirakan Juni mendatang.

“Intinya, sekolah yang kekurangan formasi guru akan mendapatkan tambahan guru PPPK,” pungkasnya. (ifin/beritasampit.co.id).