Mantap! Ini Terobosan Baru PDAM Tirta Barito Gandeng Pihak Ketiga

Direktur PDAM Tirta Barito, Rona Cipta ST.

BUNTOK – Untuk meminimalisir kesalahan dan meningkatkan akurasi pencatatan perhitungan meter air, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Barito Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggunakan terobosan baru pembaca Meter Air Berbasis Android (Water Meter Android System) dengan gandeng pihak ketiga.

Adapun pihak ketiga tersebut adalah pihak Bank, yang bertujuan untuk mempermudah pelanggan PDAM membayar tagihan air setiap bulannya.

“Sehingga pelanggan PDAM Tirta Barito, tidak perlu merasa khawatir kekurangan membawa uang pada saat melakukan pembayaran di loket pembayaran,” kata Direktur PDAM Tirta Barito Rona Cipta ST kepada beritasampit.co.id saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 24 Maret 2021.

Walaupun Water Meter Android System belum dilounching secara resmi, sudah bisa digunakan sejak bulan Desember 2020 lalu sehingga bagi pelanggan PDAM Tirta Barito sudah bisa melakukan pengecekan besaran tagihan PDAM secara Online (e-billing).

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Walaupun, untuk proses pembayarannya masih dilakukan secara offline di loket PDAM Tirta Barito,” ucap Rona Cipta.

Menurutnya, untuk pembayaran secara online via ATM atau Mobile Banking memang belum bisa dilakukan karena masih dalam tahap persiapan kerjasama dengan pihak ketiga atau pihak Bank, Alfamart dan Counter-Counter.

Pertengahan tahun 2021 ini pelayanan berbasis android atau pelayanan online, diharapkan bisa diterapkan dengan sempurna karena memang memerlukan waktu untuk pemantapannya.

“Seperti PDAM Sampit, mereka juga memerlukan waktu hingga 1 tahun untuk proses pemantapannya sedangkan untuk Barsel sendri ditargetkan maksimal 6 hingga 7 bulan dan pelayanan berbasis android ini sudah bisa berjalan sebagaimana seharusnya,” bebernya.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Lebih lanjut ditambahkan Rona, terkait sebagai pihak penerima manfaat dari Dinas PUPR Barsel yakni pembangunan Water Treatment Plant (WTP) dia harapkan juga bisa selesai tepat waktu. Sehingga untuk peningkatan kapasitas produksi pengolahan air bersih dari 85 liter per detik bisa meningkat hingga 135 liter per detik atau adanya penambahan sebanyak 50 liter per detik.

“Oleh karena itu, dengan adanya terobosan baru Water Meter Android System serta pembangunan WTP tersebut diharapkan juga bisa meningkatkan pelayanan PDAM Tirta Barito semakin lebih baik lagi,” pungkas Rona Cipta. (Ded/beritasampit.co.id).