Ratusan Personel Gabungan Amankan Ibadah Paskah di Seluruh Gereja Barsel

IST/BERITA SAMPIT - Kapolres Barsel AKBP Agung Tri Widiantoro bersama Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Dwi Tantomo saat cek personel yang mengamankan gereja-gereja di Kota Buntok.

BUNTOK – Untuk mengantisipasi potensi ancaman aksi terorisme dan memberikan rasa aman kepada umat kristiani saat melaksanakan ibadah paskah, ratusan personel gabungan disiagakan untuk mengamankan seluruh gereja yang ada di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Kesiapsiagaan tersebut ditunjukan dengan gelar apel pasukan gabungan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Barsel AKBP Agung Tri Widiantoro SIK., M.H yang didampingi Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Dwi Tantomo S.I.P, Jumat 2 April 2021 bertempat di halaman Mapolres lama Jalan Tugu Buntok.

Kapolres Barsel AKBP Agung Tri Widiantoro SIK., M.H mengatakan, Polres Barsel bersama Kodim 1012 Buntok serta beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) mengadakan kegiatan pengamanan bagi umat kristiani yang sedang melaksanakan Paskah.

Sasaran dalam pengamanan ini adalah seluruh gereja-gereja yang ada di wilayah Kabupaten Barsel dan bukan hanya di Kota Buntok saja akan tetapi di seluruh Kecamatan se-Barsel.

BACA JUGA:   Masyarakat Barsel Diimbau Harus Ikut Andil dan Proaktif Jaga Lingkungan Dari Karhutla

“Oleh karena itu kita perintahkan kepada seluruh Kapolsek untuk melaksanakan pengamanan yang diharapkan pengamanan ini bisa memberikan rasa aman dan tenteram bagi saudara-saudara kita umat kristiani yang menjalankan ibadahnya,” katanya.

Dijelaskannya, adapun kekuatan personel yang diturunkan dalam pengaman ini sekitar 100 personel yang dibantu oleh aparat TNI, Satpol PP, Dishub serta dibantu beberapa ormas-ormas Islam, diantaranya GP Ansor, MPC Pemuda Pancasila dan DPD KNPI Barsel yang diberdayakan untuk mengamankan kegiatan-kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini.

“Oleh sebab itu diharapkan agar kita sama-sama berdoa, semoga kegiatan paskah ini dapat berjalan dengan aman, tenteram dan damai khususnya di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” terangnya.

Orang nomor satu di Polres Barsel ini menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada umat Kristiani yang sedang melaksanakan ibadah paskah silahkan melaksanakan kegiatan ibadah. Aparat keamanan akan selalu senantiasa mengamankan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dan jangan kuatir serta merasa takut dengan adanya teror-teror selama ini di dengung-dengungkan.

BACA JUGA:   Wisata Uji Adrenalin, Pejabat di Barsel Ikut Permainan Perang

“Dengan adanya kebersamaan TNI, Polri serta ormas-ormas keagamaan Islam dan yang lainnya untuk mengamankan kegiatan paskah ini, Insya Allah di Kabupaten Barsel akan berjalan dengan aman tertib dan damai,” ujar Agung Tri Widiantoro.

Semetara itu, Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Dwi Tantomo S.I.P mengatakan, sudah menjadi tugas dan kewajiban bagi TNI dan Polri untuk memberikan rasa aman serta memastikan situasi agar tetap aman dan kondusif.

“Pastinya TNI dan Polri, merupakan lembaga yang memiliki tugas dan kewajiban untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat sehingga kami harus selalu siap siaga dalam kondisi dan situasi apapun,” pungkas Dwi Tantomo. (Ded/beritasampit.co.id).