Wilayah Utara – Selatan Kalteng Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

IST/BERITA SAMPIT -  Ilustrasi hujan lebat disertai petir.

PALANGKA RAYA – Kondisi atmosfer secara umum yang terpantau pada tanggal 09 April 2021, tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya berkisar antara 1009 – 1012 hPa. Angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bertiup dari arah Barat Laut – Timur. Sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian selatan arah angin bertiup dari arah Barat Daya – Barat Laut.

Prakirawan BMKG Palangka Raya Rahmat Alfandy menjelaskan bahwa, kondisi cuaca wilayah Kalteng umumnya berawan hingga hujan ringan, dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah. Suhu udara berkisar antara 23°C-32°C. Kelembaban udara berkisar antara 60 persen – 100 persen. Angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya – Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 10 – 20 km/jam.

BACA JUGA:   Pejabat Daerah Kalteng Hadiri Rapat Koordinasi bersama Mendagri

“Prospek tinggi gelombang mingguan di wilayah Perairan Selatan Kalimantan Tengah berpotensi sekitar 0.5 – 2.0 meter rendah/sedang,” ungkap Rahmat Alfandy kepada awak media siber beritasampit.co.id, Jumat 9 April 2021.

Dia menyampaikan peringatan dini waspada akan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kalteng bagian utara hingga selatan, dengan adanya genangan air, banjir dan pohon tumbang.

BACA JUGA:   April 2024, Penerbangan Perintis Bandara Kuala Pembuang Mulai Beroperasi

Sementara, pertumbuhan awan konvektif Cumulonimbus yang dapat berpotensi hujan sedang hingga lebat menimbulkan angin kencang, serta menambah tinggi gelombang di wilayah Pesisir dan Perairan Selatan Kalteng, dengan potensi tinggi gelombang berkisar antara 0.5 – 2.0 meter di wilayah Perairan Selatan. (M.Slh/beritasampit.co.id).