Komplotan Pencuri Sarang Burung Walet Diringkus Polisi, 5 Orang Diberi Hadiah Timah Panas

ILHAM/BERITA SAMPIT - Para komplotan pencuri sarang burung walet saat digiring petugas di Kantor Polres Kotim, Rabu 14 April 2021.

SAMPIT – 6 orang komplotan pencuri sarang burung walet menggunakan senjata api rakitan berinisial AA, MS, RM, IW, MAB dan CP di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), berhasil diringkus Satuan Reserse Kriminal Polres Kotim, Sabtu 10 April 2021 kemarin.

Dari 6 tersangka, 5 diantaranya terpaksa mendapatkan hadiah timah panas di kaki, lantaran berupaya kabur dan melawan petugas saat ditangkap.

“Pada saat upaya paksa penangkapan mereka berupaya melarikan diri, dan kami melakukan tindakan secara tegas dan terukur,” kata Kapolres Kotim, AKBP. Abdoel Harris Jakin, pada konferensi pers, Rabu 14 April 2021.

Para tersangka merupakan pemain lama dan juga residivis kambuhan dengan kasus tindak pencurian dan kekerasan yang belum lama bebas dari penjara.

Sementara itu, dari kronologis penangkapan, Jakin menerangkan bermula dari laporan korban Ichsan Adi Pratama, pemilik bangunan sarang burung walet di jalan Lenggana Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

BACA JUGA:   Tiga Pentolan Gerindra yang Berpeluang Maju di Pilkada Kotim

Kejadian diketahui sekitar Sabtu pukul 02.47 WIB dini hari, saat pelapor sedang istirahat di rumahnya dan mendengar notifikasi sensor gerak yang dipasang di gedung walet miliknya.

“Pelapor bersama 2 orang rekannya kemudian menuju lokasi gedung waletnya, dan melihat ada 3 orang berdiri di depan pagar, sedangkan 3 orang baru keluar dari lubang dinding gedung walet yang buat pelaku,” papar Jakin.

Mengetahui aksi mereka ketahuan pemilik sarang burung walet, para tersangka langsung melarikan diri dan dikejar oleh pelapor beserta kedua rekannya, salah satunya tersangka AA berhasil ditangkap.

“Korban kemudian melaporkan kepada kami, dan temuan tersebut dilakukan pengembangan, dan kami berhasil menangkap 5 orang lainnya di lokasi yang berbeda,” ungkapnya.

Tersangka MS diringkus Sat Reskrim di Desa Bapanggang Kecamatan Mentaya Hilir Utara, RM dan IW di barak jalan Semekto Kecamatan Baamang, sedangkan MAB dan CP ditangkap di Palangka Raya secara bersamaan.

BACA JUGA:   Empat Pasang Petarung di Pilkada Kotim, Bahkan Petahana Diprediksi Terpecah

Dari hasil penangkapan tersebut, petugas juga mengamankan tas ransel, tas selempang, senter kepala, 2 buah kape atau alat pemanen walet, 2 linggis, 2 unit handphone, sarang burung walet dan juga 1 pucuk senpi rakitan yang ditemukan dari tersangka IW.

“Yang bersangkutan mengaku senjata ini digunakan untuk berjaga-jaga saat melaksanakan aksinya,” ujar Jakin.

Atas perbuatannya 6 tersangka dikenakan pasal 363 ayat (1) ke 4 dan ke 5 KUHP dengan hukuman penjara 7 tahun. Sedangkan kepemilikan senpi dikenakan UU darurat nomor 12 tahun 1951.

“Ini masih kita kembangkan dari mana tersangka mendapatkan senjata ini, apakah sudah pernah digunakan ini masih kita kembangkan,” tandasnya. (Cha/beritasampit.co.id).