KPU Banjarmasin : 29.056 Surat Suara Untuk PSU Pilkada Banjarmasin Sudah Siap

Pelipatan surat suara untuk Pilkada 2020 Kota Banjarmasin.(Ist_Antaranews Kalsel/Dok Antara)

BANJARMASIN – Sebanyak 29.056 surat suara untuk pelaksaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Kota Banjarmasin 2020 dinyatakan sudah siap. PSU nantinya akan dilaksanakan di tiga kelurahan pada 28 April 2021.

“Jumlah surat suara yang siap sesuai jumlah daftar pemilih tetap di tiga kelurahan yang laksanakan PSU, ada cadangan 2,5 persennya,” ujar anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Taufiqurakhman, Rabu 21 April 2021.

Menurut Taufiqurrakhman, surat suara untuk PSU ini mulai dilipat sejak hari ini dengan penjagaan sangat ketat didukung pihak berwajib di Gedung Wanita Kalsel, Banjarmasin.

“Jadi persiapan kita sudah cukup matang ini untuk gelar PSU, sebab tinggal sepekan lagi,” paparnya.

Selain surat suara, logistik lainnya seperti kotak surat suara, bilik pencoblosan dan tinta penanda pemilih sudah mencoblos serta lainnya juga sudah siap.

BACA JUGA:   Sakariyas Pastikan Siap Kembali Bertarung di Pilkada Katingan

“Termasuk logistik untuk sarapan pencegahan penyebaran Covid-19, sarung tangan, alat pengukur suhu tubuh dan tempat cuci tangan,” bebernya.

Dikatakan, bahwa ada sebanyak 80 tempat pemungutan suara (TPS) di tiga kelurahan di Banjarmasin Selatan, yakni Mantuil, Murung Raya dan Basirih Selatan yang menyelenggarakan PSU, sesuai amar putusan Mahkamah Konsitusi (MK).

Pihaknya juga sudah membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan sosok yang baru sesuai perintah MK untuk penyelenggaraan PSU tersebut.

Sebelumnya, Kepala Kesbangpol Kota Banjarmasin, Kasman, mengatakan, untuk meningkatkan partisipasi pemilih datang ke TPS pada gelar PSU nanti, Pemkot dan KPU berencana membuat undian berhadiah bagi pemilih.

“Jadi rencananya, warga yang datang ke TPS diberikan kupon undian. Nanti diundi. Doorprize-nya sendiri disediakan oleh Pemko dan KPU,” ujarnya.

BACA JUGA:   Sudah Membuktikan Perolehan Suaranya, Syauqie Figur Kuat Maju di Pilgub Kalteng

Rincian TPS dan pemilih pada gelar PSU di tiga kelurahan tersebut, yakni di Kelurahan Mantuil ada sebanyak 29 TPS dengan DPT berjumlah 9.887 pemilih, Kelurahan Murung Raya 23 TPS dengan DPT 8.565 pemilih dan Kelurahan Basirih Selatan sebanyak 28 TPS dengan DPT berjumlah 10.604 pemilih.

PSU Pilkada Kota Banjarmasin tahun 2020 ini merupakan tarung ulang empat pasangan calon, yakni paslon nomor urut 1, H Haris Makkie dan Ilham Noor, nomor urut 2, H Ibnu Sina dan H Arifin Noor, nomor urut 3, H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy dan nomor urut 4, Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir. Demikian dilansir dari Antara.

(BS-65/beritasampit.co.id)