Begini Cara OFI Ajak Anak-anak Cintai Lingkungan

Man/BERITA SAMPIT : Anak-anak TK.Tunas Bangsa, langsung beradaftasi dengan alam untuk melakukan penanaman bibit pohon,dalam rangka Hari Bumi 2021 bersama OFI di Desa Lada Mandala Jaya.

PANGKALAN BUN- Memperingati hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April, Orangutan Foundation International (OFI) mengajak Sekolah TK Tunas Bangsa serta Kelompok Bermain Insan Mandala Jaya menanam bibit pohon.

“Kami dari OFI, merasa bangga dan mengucapkan terimakasih, kepada Ibu Kepala Sekolah TK Tunas Bangsa dan Bapak Kepala Desa Mandala Jaya sebagai pembinan Kelompok Bermain Insan Mandala Jaya, atas semua kerjasamanya membina anak-anak untuk menanam bibit pohon yang dilaksanakan Minggu 25 April 2021,” kata Koordinator Kampanye Orangutan dari OFI Dorprawati Siburian. Selasa, 27 April 2021.

Lanjut Dorprawai kegiatan ini merupakan agenda rutin yang digelar. Seperti tahun lalu kampanye Orangutan juga sama mengadakan penanaman Pohon bersama Anak sekolah SDN-1 Lada Mandala Jaya, Kelompok Sadar Wisata Lada Mandala Jaya, BPD Lada Mandala Jaya, Putra Rimba Lada Mandala Jaya.

BACA JUGA:   Akibat Lupa Mematikan Kompor, Rumah dan Barakan di Gang Cemara Pangkalan Bun Jadi Arang

“Jadi sekarang dilanjutkan kepada anak-anak TK.Tunas Bangsa dan Kelompok Bermain “Insan Mandala Jaya”, ujar Dorprawati.

Sementara itu Kepala Sekolah TK. Tunas Bangsa Desa Lada Mandala Jaya Astutik mengatakan acara kegiatan menanam bibit pohon, tahun sebelumnya sudah mendapat pembinaan dari Koordinator OFI.

“Kegiatan menanam bibit pohon kepada anak-anak TK yang berlokasi sekitar Embung Patakan Eco Park Desa Lada Mandala Jaya,” kata Astutik.

Tujuan kegiatan menanam bibit pohon untuk menanamkan rasa kepedulian kepada anak-anak sejak usia dini terhadap lingkungan seperti pohon yang menjadi tempat berlindungnya mahluk hidup dan habitatnya berbagai jenis satwa seperti burung, tupai, monyet, bakantan dan Orangutan .

“Kita sebagai pendidik yang ada di desa kapan lagi membina anak-anak desa untuk mencintai lingkungan, kalau tidak dari sekarang. Karena kita maklum anak-anak di desa orang tuanya banyak yang sibuk bertani, maka kita sebagai pendidik wajib memberi pembinaan khusus kepada anak-anak desa”,ungkap Astutik.

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Minta Dikbud Lakukan Inovasi Perihal Perda Beasiswa

Kepala Desa Lada Mandala Jaya Arifin yang ikut hadir dalam acara penanaman bibit pohon juga mengatakan, atas nama masyarakat Desa pihaknya mengucapkan terimakasih.

“Terus terang saja, kalau tidak ada Koordinator dari OFI yang datang ke Desa Kami, kami tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan kegiatan mencintai lingkungan melalui pelestarian penanaman bibit pohon kepada anak-anak desa. Dan acara yang terlihat kecil ini, bagi saya sangat luar biasa karena anak-anak diusia dini sudah dididik untuk mencintai bibit tanaman,” pungkas Kades Arifin.

(man/beritasampit.co.id).