DPRD Dorong Pemkab Katingan Genjot PAD

IST/BS - Anggota DPRD Katingan Rudi Hartono

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan Rudi Hartono, dorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui sejumlah instansi terkait agar menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten setempat.

Pasalnya, berdasarkan laporan yang ada, PAD Kabupaten Katingan di triwulan pertama menurutnya hanya 4 persen lebih saja. “Padahal target PAD Kabupaten Katingan untuk tahun anggaran 2021 ini sekitar Rp 80,” sebutnya kepada sejumlah media, belum lama ini, di ruang lobby kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan.

Legislator dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Katingan mendorong kepada instansi terkait agar lebih berupaya untuk meningkatkan PAD dimaksud menurutnya bukan memberi solusi.

BACA JUGA:   Bantu Pengobatan Esti Husna, Terima Kasih Warga Katingan

Akan tetapi memberikan semangat (spirit) kepada sejumlah instansi terkait agar lebih berupaya mencari teknis dalam merekrut PAD dimaksud. Sehingga target tercapai.

Menurutnya, dalam merekrut PAD, jangan hanya menunggu wajib pajak saja yang datang ke instansi terkait untuk membayarnya, tapi diusahakan dengan cara lain.

“Salah satunya door to door yang mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) yang sudah kita buat bersama eksekutif,” harapnya

Terkait dengan PAD yang diperoleh di triwulan pertama, antara Januari hingga Maret 2021 yang hanya 4 persen dari Rp 80 miliar tersebut menurutnya, meskipun sangat kurang, namun dirinya sangat memaklumi hal tersebut. Karena, semua instansi terkait akan menggenjot pada triwulan kedua dan di triwulan ketiga nantinya.

BACA JUGA:   Hanafi Minta Vaksinasi COVID-19 Malam Hari saat Ramadan

Tapi, lanjutnya, jika di triwulan kedua dan ketiga, juga belum memenuhi target antara 40 hingga 50 persen, maka kecil kemungkinan di triwulan ke empat nanti target PAD Kabupaten Katingan sekitar Rp 80 miliar untuk tahun anggaran 2021 ini bisa tercapai.

“Oleh karena itu, mari kita bersama-sama untuk menggenjot PAD dimaksud. Sehingga target yang sudah kita tentukan bisa tercapai di tahun anggaran 2021 ini,” ajak legislator yang pernah menjabat wakil ketua II DPRD Kabupaten Katingan di priode 2009-2014 ini.

(Kawit/beritasampit.co.id)