Pasien Sembuh Covid-19 di Palangka Raya Bertambah 43 Orang

Wakil Wali Kota Palangka Raya//IST_Antara/Rendhik Andika;

PALANGKA RAYA – Wakil Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Umi Mastikah, mengatakan ada tambahan 43 pasien Covid-19 di kota setempat yang dinyatakan sembuh dari paparan virus tersebut, sehingga akumulasi masyarakat sembuh dari virus corona itu mencapai 5.464 orang.

“Data tersebut berdasarkan laporan satgas Covid-19 kemarin. Meski tingkat kesembuhan tinggi, tapi protokol kesehatan harus terus diterapkan,” kata Umi, Minggu 16 Mei 2021.

Apalagi, lanjut dia, Satgas Covid-19 Palangka Raya masih mencatat adanya tambahan 17 kasus positif Covid-19, sehingga akumulasi warga yang positif terjangkit virus tersebut mencapai 6.010 orang, sedangkan yang positif dan masih menjalani perawatan sebanyak 355 orang.

BACA JUGA:   Kalteng Ikuti Rapat Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia

Dari seluruh kasus Covid-19, tercatat jumlah pasien meninggal dunia sebanyak 191 orang, setelah ada tambahan satu pasien meninggal. Sementara masyarakat yang berstatus suspect Covid-19 tercatat 1.226 orang.

Data tersebut, kata Umi, dihimpun dari seluruh wilayah di Kota Palangka Raya, mencakup lima kecamatan dan 30 kelurahan.

Bertambahnya kasus Covid-19 tersebut, menurut Umi, juga merupakan bentuk keberhasilan tim kesehatan dalam melakukan penelusuran kontak erat antara masyarakat dengan pasien positif.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim satuan tugas terus melakukan berbagai upaya, mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

BACA JUGA:   Salah Eksekusi, CU Betang Asi Minta Maaf ke Pemilik Rumah

Pemerintah Kota Palangka Raya mengajak masyarakat di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran Covid-19 yang tak kunjung usai.

Selain itu Umi juga mengajak warga di kota setempat turut menyukseskan pelaksanaan vaksin Covid-19, terutama yang menjadi sasaran dan masuk kriteria.

“Vaksin inilah yang kita tunggu lebih dari setahun sejak awal kasus Covid-19 terdeteksi. Mari sukseskan vaksin dan terapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata Wakil Wali Kota wanita pertama di Palangka Raya itu. Demikian dilansir dari Antara.

(BS-65/beritasampit.co.id)