Wujudkan Kemandirian Pangan, Kodim Pangkalan Bun Membuat Kebun Sayur Hidroponik

IST/BERITA SAMPIT - Sejumlah staf Kodim 1014/Pangkalan Bun tampak sedang membersihkan dan memasang paralon hidroponik untuk dijadikan tempat tanaman sayuran.

PANGKALAN BUN – Setelah Koramil 1014-05/Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawarigin Barat (Kobar) berhasil membuka lahan pekarangan bagian belakang Kantor Koramil menjadi kebun sayur bawang daun hijau. Kemudian menyusul, Staf Teritorial Kodim 1014/Pangkalan Bun membuat kebun sayur dengan cara menanam di dalam tabung paralon (Hidroponik).

Dandim 1014/Pangkalan Bun Letkol (Arh) Derajad Tri Putro, SE melalui Pasi Ter Kodim 1014/Pbn Kapten Inf Mulyono mengatakan, kegiatan menanam sayur dengan cara Hidroponik, dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan pada kalangan Prajurit TNI Kodim 1014.

Menurut Mulyono, paralon hidroponik dulu sempat digunakan oleh para Prajurit Kodim, namun karena banyak yang beralih tugas (mutasi), akhirnya tanaman sayur hidrolik tersebut menjadi terbengkalai. “Sekarang semua paralon hidroponik kembali dibersihkan untuk tanaman sayur,” kata Mulyono.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Kemudian, lanjut Mulyono, untuk jangka panjangnya budidaya tanaman sayur hidroponik akan dikembangkan ke seluruh Koramil di Wilayah Teritorial Kodim 1014/Pangkalan Bun.

“Nanti dalam kegiatannya akan dilaksanakan oleh seluruh Babinsa, agar bisa diterapkan di desa binaannya sebagai contoh bagi warga bagaimana cara  penanaman sayur hidroponik yang benar sehingga menjadi subur,” ujar Mulyono.

Kegiatan pembersihan di green house hidroponik Kodim 1014/Pangkalan Bun dipimpin oleh Sertu Khoiri pada akhirnya akan dilaksanakan penanaman hidroponik dengan jenis sayuran-sayuran yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh anggota Kodim 1014/Pangkalan Bun.

BACA JUGA:   Pembangunan Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas dan Suaminya Almarhum Bohap Mendapat Perhatian Khusus dari Pemkab Kobar

Kegiatan pembersihan ini bertujuan untuk mengurangi serangan hama yang dulunya pernah sudah ditanam sehingga sisa-sisa tanaman yang tertinggal tidak menjadi  hama kedepannya.

Perawatan green house hidroponik Kodim 1014/Pangkalan Bun secara berkala tetap dilaksanakan Agar tanaman-tanaman yang ditanam secara hidroponik dapat tumbuh subur dan tidak terjadi serangan hama.

“Semoga hal ini menjadi pembelajaran untuk kita semua dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di Kodim 1014/Pangkalan Bun dan akhirnya dapat dikembangkan di masyarakat demi kejayaan bangsa dan negara kita yang cinta ini,” pungkas Mulyono, (Man/beritasampit.co.id).