Maknai Hari Lahir Pancasila dengan Gerakan Berbagi Buku

IST/BERITA SAMPIT - Salah satu anak saat membaca buku

PALANGKA RAYA – Duta Baca Indonesia 2021-2025 Gol A Gong menginisiasi Gerakan Sembako Buku pada peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni.

Momentum ini juga dijadikan untuk membangun kembali rasa kebersamaan, dan persatuan, hal ini disampaikannya melalui pesan whatsapp, Selasa 1 Juni 2021.

“Peringatan lahirnya Pancasila, kita jadikan sebagai momen berbagi buku. Pancasila itu simbol persatuan, segala yang kita dambakan ada di kelima sila itu. Buku adalah pintu masuk menuju cita-cita para fondry di negeri kita,” ucapnya.

BACA JUGA:   Kalteng Mampu Turunkan Prevalensi Stunting 3,4 persen, Wagub: Pernikahan Dini Salah Satu Penyebab Anak Stunting

Dirinya mengajak masyarakat, untuk menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila, sebagai bentuk penghargaan yang setinggi-tingginya, atas perjuangan para perumus dasar negara dengan cara membagikan buku.

“Kita dapat menyumbangkan satu atau beberapa buku, kepada masyarakat, terutama wong cilik. Lalu kita dokumentasikan dan unggah di akun medsos masing-masing,” jelasnya.

Ia menambahkan, gerakan Sembako Buku ini merupakan salah satu upaya bersama, agar budaya membaca di Indonesia menjadi semakin meningkat.

BACA JUGA:   Sudah Membuktikan Perolehan Suaranya, Syauqie Figur Kuat Maju di Pilgub Kalteng

Terkhusus di Kalteng, ada banyak masyarakat yang terlibat diantaranya ada 10 akun medsos besar, 10 komunitas dan 2 Dinas perpustakaan serta beberapa personal relawan yang bergabung dalam gerakan ini.

(Hardi/Beritasampit.co.id)