Desa Pasir Panjang Raih Predikat Desa Mandiri Se-Kabupaten Kobar

IST/BERITA SAMPIT : Bupati Hj Nurhidayah saat menyerahkan piagam ke Kepala Desa Pasir Panjang Tamel (tengah).

PANGKALAN BUN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memberikan predikat ke Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar menjadi salah satu desa mandiri. Pemberian Penghargaan langsung diberikan Bupati Kobar Hj Nurhidayah di Aula Bupati. Senin, 7 Juni 2021.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), memberikan apresiasi dan penganugerahan kepada pemerintah desa yang dimasa pandemic covid-19 telah berhasil dan maksimal dalam kinerjanya melayani masyarakat,” kata Bupati Hj Nurhidayah.

Lanjut Bupati, penghargaan tersebut diberikan atas kinerja terbaik pemerintah desa, hal tersebut sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kobar, yaitu membangun Kobar menuju kejayaan dengan kerja nyata dan ikhlas.

BACA JUGA:   Antisipasi Praktik Curang, Satreskrim Polres Kobar Cek Tiga SPBU

“Saya atas nama Pemkab Kobar mengucap selamat kepada Pemdes yang menerima penghargaan ini. Penghargaan ini adalah upaya untuk memacu kinerja rekan rekan Pemdes agar meningkatkan kinerjanya, untuk bersama – sama membangun desa yang semakin maju,” ujar Nurhidayah.

Sementara itu Kades Pasir Panjang Tamel Otol menyatakan, predikat desa mandiri untuk Desa Pasir Panjang ini sebuah kebanggaan. Bahkan, pihaknya akan terus melakukan pembangunan dan upaya lainnya bersama masyarakat.

“Jadi penilaian desa mandiri ini seperti dilihat dari sarana prasarana pendidikan dan kesehatan. Di sini sekolah mudah dijangkau begitu juga dengan sarana kesehatan,” kata Tamel kepada wartawan.

BACA JUGA:   Pelaku UMKM Alun-Alun Istana Kuning Penuh Ceria Bagikan Takjil Ramadan

Terkait penilaian diambil dari beberapa indikator seperti ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ekologi. Sementara, untuk potensi Desa Pasir Panjang dari sisi ekonomi seperti banyak masyarakat yang berwirausaha dan menjadi pedagang.

Tamel juga berjanji, kedepan akan terus kita upayakan dengan program-program yang lebih menyentuh kepada warga masyarakat Desa Pasir Panjang.

“Piagam penghargaan ini, bukan milik saya tapi miliki seluruh warga Desa Pasir Panjang, yang selama ini masyarakat dan seluruh RT nya telah banyak membantu dan mendukung peningkatan pembangunan Desa Pasir Panjang”, pungkas Tamel Otol.

(man/beritasampit.co.id).