Dinsos Kalteng Susun Laporan Logistik Bencana

Peserta penyusunan laporan logistik bencana yang diselenggarakan Dinas Sosial Kalteng, Senin 21 Juni 2021.//Ist- Antara/dok.pribadi;

PALANGKA RAYA – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), melaksanakan kegiatan penyusunan laporan logistik bencana pada semester I yang diikuti perwakilan Dinas Sosial kabupaten dan kota se-provinsi itu yang dipusatkan di Kota Palangka Raya. Senin 21 Juni 2021.

Pelaksana Tugas Kepala Dinsos Kalteng, Farid Wajdi, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan diikuti 32 orang perwakilan Dinsos se-Kalteng yang terdiri dari 14 Aparatur Sipil Negara, tenaga pelopor perdamaian sebanyak 14 orang dan tokoh masyarakat dari Kota Palangka Raya empat orang.

“Tujuan kegiatan ini agar tersedianya kebutuhan administrasi penunjang operasional pelaporan logistik di Dinsos Kalteng dan kabupaten/kota,” kata Farid. Dikutip dari Antara.

Dikatakan, Provinsi Kalteng yang memiliki luas dua kali pulau Jawa itu secara geografis mempunyai daratan wilayah yang sangat rendah dan memiliki lima anak sungai, sehingga sangat lah rentan akan terjadinya bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor serta lain sebagainya.

BACA JUGA:   Pengajar dan Santri Pondok Pesantren Hidayatul Insan Palangka Raya Divaksin Dosis Kedua

Maka dari itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, instansi terkait melakukan penyusunan laporan logistik bencana sehingga ketika terjadi hal tersebut Dinsos langsung bergerak sesuai dengan ketentuannya.

“Dilihat dari hal tersebut, maka untuk mengantisipasi pemulihan akibat terjadinya bencana tentunya menjadi tugas pemerintah setempat, salah satunya dengan melakukan tindakan seperti menjamin ketersediaan barang bantuan bagi korban terdampak bencana,” ucapnya.

BACA JUGA:   Ingin Kelabui Petugas Pos Penyekatan PPKM, Pria Ini Malah Masuk Bui

Dengan adanya ketersediaan barang bantuan bencana, tentunya dan membentuk kelompok ketersediaan sosial dengan pola kearifan lokal di seluruh Kalteng. Ketersediaan logistik yang nantinya dimiliki untuk membantu para korban yang tertimpa bencana alam, tentunya dapat membantu warga Kalteng yang benar-benar memerlukan bantuan tersebut.

“Pada intinya Dinsos Kalteng akan mendistribusikan bantuan tersebut ke gudang logistik bencana Dinsos ke kabupaten atau kota, yang mana barang persediaan bantuannya sudah habis,” jelas Farid.

Kegiatan penyusunan laporan logistik bencana yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, kegiatannya berjalan dengan lancar dan menerapkan aturan protokol kesehatan yang sangat ketat.

(BS-65/beritasampit.co.id)