KPU dan Bawaslu Katingan Kolaborasi Pemuktahiran Data

IST/BERITA SAMPIT - Ketua KPU Katingan Subandy (baju Coklat) ditemani Anggota KPU Serlis dan Habibi Mubarak saat disambut anggota Bawaslu Katingan Wahyuni dan Anita Fransiska. Selasa, 22 Juni 2021.

KASONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Katingan bertandang langsung ke kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) setempat, dalam rangka mengkoordinasikan proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB). Selasa 28 Juni 2021.

Kedua lembaga penyelenggara pemilu itu akan berkolaborasi dalam mewujudkan pemilu yang lebih baik. Kedatangan para komisoner KPU disambut sangat baik oleh anggota Bawaslu Katingan Wahyuni dan Anita fransiska.

“Hari ini kita datang ke Kantor Bawaslu Katingan selain mengkoordinasikan sekitar proses pemutakhiran data berkelanjutan, juga memantapkan peran masing-masing dalam proses pemutakhiran data kedepannya,” ucap Ketua KPU Katingan Subandy.

Subandy menyampaikan dengan kolaborasi dua lembaga penyelenggara yaitu KPU dan Bawaslu Katingan akan banyak manfaat dalam proses pemutakhiran data berkelanjutan.

BACA JUGA:   Warga Luwuk Kanan yang Dikabarkan Menghilang Ditemukan Tak Bernyawa

“Insyallah, kalau dua lembaga penyelenggara ini bisa berkolaborasi dalam proses PDPB akan banyak manfaat yang didapat, selain data mutakhir dan up to date juga mengurangi potensi permasalahan dikemudian hari,” tambahnya.

Ditempat yang sama Anggota Bawaslu koordinator Devisi SDM dan Organisasi Wahyuni mengapresiasi langkah KPU dalam melakukan pemuktahiran data. Pasalnya, data pemilih merupakan salah satu indikator keberhasilan pemilu yang memastikan setiap warga negara bisa mendapatkan hak pilihnya.

Selain itu juga, kegiatan ini dianggap sangat penting dalam menjalin silahtuhrami penyelenggara pemilu. Karena tugas ini juga tugas bersama dalam mewujudkan data yang valid dan update.

“Alhamdulillah, kita menyambut baik kedatangan KPU Katingan ke Kantor kita, sekaligus ini juga bentuk silaturahmi yang makin mempererat hubungan baik KPU dan Bawaslu di Katingan,” tutur Wahyuni.

BACA JUGA:   Banjir Terbesar, Pelayanan RSUD Mas Amsyar Dialihkan Ke Hotel Katingan

Hal senada juga disampaikan anggota Bawaslu Katingan Kordinator Devisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Anita Fransiska, menurutnya Bawaslu Katingan mendukung penuh PDPB ini, selain meringankan kerja-kerja dikemudian hari juga memastikan data pemilih semakin terupdate setiap bulannya, tidak hanya secara kelembagaan tetapi juga secara personal.

“Pemutakhiran berkelanjutan ini penting, Bawaslu Katingan mendukung 100% proses ini, bahkan secara personal seluruh personil di Bawaslu Katingan pasti ikut mensosialisasikan keadaan masyarakat luas, manfaatnya luar biasa, selain data ter-update setiap bulan juga meringankan kerja-kerja data kedepannya,” pungkasnya.

(Kawit/beritasampit.co.id)